Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Inilah 4 Norma Yang Berlaku Di Masyarakat Wajib Kamu Patuhi

Pengertian norma adalah ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Orang yang ingin hidupnya tentram, damai dan harmonis maka wajib mematuhi aturan (norma tsb). Karena, jika tidak akan mendapatkan sanksi sosial dan sanksi hukum yang berlaku disetiap Negara.

Macam-macam norma yang ada dalam masyarakat ini sering sekali muncul dalam pertanyaan setiap penerimaan tes pegawai negeri sipil maupun tes mental ideologi tni/polri. 
Macam-macan norma yang berlaku di masyarakat

Setiap lembaga menginginkan pegawai/anggotanya yang paham aturan norma yang berlaku agar patuh pada pemimpin dan tidak bermasalah dengan hukum. Berikut ini norma yang berlaku dimasyarakat. Simak yah sobat.

Macam-Macam Norma Yang Berlaku Di Masyarakat dan Contohnya

1. Norma Agama

norma agama dan contohnya

Norma agama adalah pedoman hidup yang harus diterima setiap manusia untuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan-larangan yang berasal dari Tuhan yang maha Esa. Setiap warga negara bebas menganut agama dan menjalankan perintah ibadah yang sesuai ajaran agamanya, toleransi serta menghormati satu sama lain.

Conton norma agama yang harus sobat patuhi adalah mengerjakan ibadah 5 waktu (sesuai ibadahnya masing-masing), menghormati kedua orang tua, menghargai yang lebih tua, berbuat baik kepada sesama manusia dan menjauhi larangan-larangan agama.

2. Norma Hukum

Norma hukum yang ada dalam masyarakat dan contohnya

Norma hukum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh lembaga negara yang bertujuan mewujudkan ketertiban dan kedamaian dalam bermasyarakat untuk menciptakan suatu keadilan dan kepastian hukum sehingga dapat melindung setiap warga negara.

Dengan adanya norma hukum yang berlaku di masyarakat akan tercipta tatanan suasana kehidupan bermasyarakat yang kondusif, harmonis, tertib, aman, rukun, dan damai dalam berbangsa dan bernegara. 

Nah, bagi setiap masyarakat yang melanggar aturan yang sudah dibuat dalam Undang-Undang Dasar akan dikenakan sanksi hukum pidana sesuai perbuatanya. Contoh norma hukum adalah taat dalam berlalu lintas, kewajiban membayar pajak, tidak menjual barang terlarang narkoba dan sejenisnya, tidak KKN, dan masih banyak lagi.

3. Norma Susila/Kesusilaan

Norma kesusilaan beserta contohnya

Macam macam norma berikutnya dalah norma kesusilaan. Pengertian norma susila adalah peraturan hidup yang bersumber dan melekat dari hati nurani manusia. Sehingga dapat menentukan sikap mana yang baik dan buruk sesuai kebijakan yang ada dalam diri masing-masing individu orang. 

Norma kesusilaan ini bersifat universal karena sifatnya melekat pada diri manusia itu sendiri. Bukan dari orang lain. Yang berarti berlaku dimanapun dan kapanpun. Sebagai contoh norma kesusilaan yaitu mempunyai sikap jujur dan adil, tidak memfitnah orang lain selalu menolong sesama, tidak melakukan tindakan asusila (pemerkosaan)

4. Norma Kesopanan

Pengertiaan norma kesopanan beserta contohnya

Norma kesopanan berasal dari adat istiadat, budaya atau nilai-nilai masyarakat. Tidak memandang suku, ras, agama dan budaya. Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus saling menghargai, sopan santun, dan tata krama.

Pengertian Norma kesopanan adalah norma yang mengatur tentang tingkah laku yang baik dan tidak baik, patut dan tidak patut ditiru, yang berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat atau komunitas.

Sanksi yang didapat terhadap pelanggaran norma kesopaan biasanya sanksi sosial seperti celaan, cemooh, atau di asingkan oleh masyarkat. 

Contoh norma kesopanan tertulis yaitu tidak mengganggu ketertiban (berisik menggunakan knalpot motor racing), meludahi orang dengan sengaja, membulli. Sedangkan conton norma tidak tertulis yaitu izin permisi saat lewat depan orang, memakai pakaain yang sopan, mengucapkan salam dan sopan kepada orang tua, cium tangan yang lebih tua, dan sebagainya

Itulah, aturan hidup atau macam-macam norma yang berlaku di masyarakat. Sebagai warga negara yang baik kita harus patuh terhadap norma tersebut agar tidak mendapatkan sanksi hukum maupun sosial. Kita harus saling menghargai satu sama lain untuk menciptakan suasana yang kondusif dan sejahtera.

Post a Comment for "Inilah 4 Norma Yang Berlaku Di Masyarakat Wajib Kamu Patuhi"