Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

5 Cara Bermain Trading Saham untuk Pemula, Mudah dan Murah

Sudah tahukah Anda bagaimana cara bermain trading saham online? Hal ini sangat penting untuk diketahui di era digital ini karena hampir semua aspek kehidupan telah memanfaatkan teknologi tidak terkecuali jual-beli modal. Jadi, pelajari hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dengan megetahui cara bermain saham, secara tidak langsung Anda telah berinvestasi cuan untuk masa depan. Sudah banyak orang yang sukses membeli saham, namun ada juga yang gagal. Hal ini karena tanpa pemahaman yang benar.

5 Langkah Memainkan Trading Saham Online Secara Mudah

Cara bermain trading saham online untuk pemula

Bagi seorang pemula, memainkan trading saham secara online tentunya bukan merupakan hal yang gampang. Maka dari itu, sebelum menggunakannya, Anda harus paham terlebih dahulu tentang seluk-beluk serta langkah-langkah berikut:

1. Memilih Broker dan Membuat Rekening Saham

Cara belajar saham untuk pemula

Langkah pertama tentang cara bermain saham online adalah dengan memilih brokernya terlebih dahulu. Hal ini berarti bahwa harus berhubungan dan menggaet member di Bursa Efek Indonesia. Kegiatan tersebut sifatnya legal dan sudah pasti aman.

Dalam memilih broker, maka pilihlah mereka yang memiliki OJK resmi serta terdaftar dalam aplikasi saham online yang terpercaya dan bisa diandalkan. Sebelum melakukan pemilihan, sebaiknya selidiki dulu tentang identitas serta track record perusahaannya.

Setelah broker saham terpilih, selanjutnya harus membuat rekening saham. Hal ini bersifat wajib karena akan mempengaruhi proses transaksi bersama nasabah di kemudian hari. Adapun, cara pembuatan rekeningnya adalah dengan runtutan sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening saham dengan data-data yang lengkap serta asli secara online
  • Mengirimkan formulir pembukaan rekening saham kepada otoritas terkait agar bisa segera diproses
  • Menandatangani rekening saham dan melakukan pengesahannya

2. Membuka Rekening Nasabah

rekening trading saham online

Setelah rekening saham jadi, maka nasabah pun juga harus dibuatkan rekeningnya tersendiri. Hal ini bertujuan untuk penyimpanan dan transaksi jual-beli saham khusus di bank supaya lebih aman dan mempunyai legalitas nyata.

Adapun, hal-hal yang penting seperti halnya setoran modal transaksi saham beserta hasil penjualannya akan di simpan di Rekening Dana Nasabah ini. Jadi, kalau hal tersebut belum ada, maka tidak akan bisa seterusnya bertransaksi bersama berbagai nasabah dari banyak negara.

Dalam membuat Rekening Dana Nasabah, Anda juga harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut untuk menjamin keamanannya:

  • Pastikan jika Rekening Dana Nasabah yang dibuat selanjutnya bisa diintegrasikan dengan aplikasi online
  • Data-data yang didaftarkan pada Rekening Dana Nasabah sudah benar semua dan tidak ada unsur kebohongan di dalamnya
  • Ada buku Rekening Nasabah dalam bentuk online maupun print out

3. Melakukan Penyetoran Modal

penyetoran modal saham

Setelah broker dipilih dan rekening dibuat, maka langkah cara bermain trading saham online berikutnya yang harus dilakukan yakni melakukan penyetoran modal. Setoran ini ditujukan ke Rekening Dana Nasabah dalam rangka untuk membuka portal proses transaksi jual-beli.

Terkait dengan jumlah setorannya, hal tersebut disesuaikan dengan nominal jual-beli saham yang akan dilakukan. Jika ada kekurangan, maka sistem akan secara otomatis mengirimkan jumlah dalam rekening tersebut sehingga bisa jadi tidak selaras pada perjanjian bersama nasabah.

Adapun, ketika melakukan penyetoran, Anda wajib mencatat bukti screenshot onlinenya. Tujuan dari hal tersebut tidak lain adalah menghindari penipuan. Maka dari itu, lakukan langkah berikut ketika sedang bertransaksi:

  • Jangan lupa untuk melakukan transaksi deposit terlebih dahulu agar di kemudian hari Anda bisa bertransaksi perihal jual-beli saham
  • Lakukan settlement atau pembayaran setelah transaksi pertama berhasil dilakukan dan itu biasanya memerlukan waktu kurang lebih 2 hari.

4. Transaksi Beli Saham Secara Online

Transaksi beli saham secara online
Setelah cara bermain trading saham online yang telah disebutkan di atas Anda lakukan, maka kini pembelian modal pun sudah dapat dilakukan. Sebenarnya, caranya lumayan mudah, tetapi itu juga bisa jadi rumit ketika pertama kali menggunakannya.

Selanjutnya, cara untuk membeli saham secara online tersebut yakni:

  • Menentukan saham yang ingin dibeli
  • Mengingat-ingat kode saham yang akan dibeli
  • Menentukan harga pembelian saham yang akan dijual berdasarkan pada Bursa Efek Indonesia
  • Memasang harga beli saham yang sama dengan harga penjualannya jika menginginkan proses transaksi efektif serta mudah
  • Jika Anda menginginkan harga beli saham yang murah, maka silahkan memasangnya di bawah rata-rata penjualan
  • Menunggu pemasaran order pembelian Anda sampai ada pihak yang menyetujuinya. Kemungkinan hal tersebut akan menyita beberapa waktu

Setelah cara-cara pembelian saham tersebut Anda lakukan dengan sebenar-benarnya, maka kini ceklah halaman portofolio pada aplikasi trading online. Di sana akan ditampilkan secara rinci mengenai data serta identitasnya. Jika ada kesalahan, segera laporkan saja pada otoritas terkait.

5. Transaksi Jual Saham Secara Online

Apakah Anda masih bertanya-tanya tentang bagaimana cara bermain trading saham online? Jika iya, maka silahkan menyimak langkah-langkah penjualannya. Hal ini sungguh rumit jika penggunanya sangat awam serta tidak mengerti perihal Bursa Efek Indonesia.

Adapun, cara menjual saham secara online kepada pihak atau perusahaan lain harus melewati langkah-langkah sebagai berikut:

  • Memilih saham mana yang akan dijual
  • Menentukan besaran saham yang akan dijual secara online
  • Menentukan atau mematok harga penjualan saham berdasarkan besarannya
  • Melakukan pertimbangan harga saham berdasarkan jumlah lembar yang akan dijual secara teliti dan menguntungkan
  • Jika Anda ingin segera saham tersebut terjual, maka ambil saja harga tawaran tertinggi saat itu. Namun jika sebaliknya, silahkan bersabar serta menunggu lebih lama agar diperoleh hasil penawaran terbaik berdasarkan harapan.

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana cara bermain trading saham online, bukan? Semoga informasi di dalam artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada. Jangan lelah untuk menanam modal investasi karena suatu saat nanti pasti kesuksesan bisa didapati.

Post a Comment for "5 Cara Bermain Trading Saham untuk Pemula, Mudah dan Murah"