Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Kisi-Kisi 12 Contoh Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja

Pengertian interview atau wawancara kerja adalah suatu tahapan tes dalam seleksi kerja, mempertemukan antara calon pekerja dengan pihak perwakilan perusahaan, tes interview kerja bertujuan untuk melihat dan menentukan layak atau tidaknya seorang calon pekerja untuk posisi tertentu, bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar, biasanya langsung diterima kerja, Maka dibutuhkan kunci jawaban interview yang tepat.

Lowongan kerja PT swasta maupun pemeritahan selalu hadir disetiap event, namun agar kita sebagai user bisa diterima PT dan di pemerintahan ada tahap yang perlu di lalui, salah satunya tes wawancara. Di era yang penuh dengan persaingan ini anda harus mempersiap diri yang matang untuk menghadapi pertanyaan pertama 
kali saat interview kerja, dan jangan lupa berpakaianlah yang rapi saat tes wawancara.
12 Pertanyaan Tes Interview Kerja dan Kunci Jawaban yang Tepat
12 Pertanyaan Tes Interview Kerja dan Kunci Jawaban yang Tepat
Tes wawancara ini sangatlah berpengaruh dan krusial, kunci dari tes wawancara ini adalah memperlihatkan siapa dirimu sebenarnya loh. Jawabanmu akan cerminan dari karaktermu sendiri. Oleh karena itu, persiapkan jawaban yang tepat saat interview dengan sebaik-baik nya, kalau perlu berlatih depan cermin biar tidak terlihat gugup depan mata penguji. infoopas akan merangkum kisi-kisi 12 contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja yang sering ditanyakan pertama kali. Baca JugaSolusi Ketika Sulit Berpikir dan Mengambil Tindakan Cepat.


Contoh pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja

Bagi pelamar kerja, mendapat email masuk panggilan interview sesuatu yang special karena Biasa jadi tes wawancara ini adalah tahap akhir setelah tes psikologi, untuk menentukan nasibmu apakah diterima atau tidaknya.

Untuk membantu anda bisa melalui tes interview langsung maupun interview online dengan mudah, berikut gambaran 
contoh pertanyaan tes wawancara kerja beserta jawabannya, simak yaa?


Pertanyaan interview Seputar Data Pribadi calon pelamar

Untuk membuka percakapan dan mencairkan suasana antar calon pelamar dan pihak perusahaan. Pertanyaan interview kerja pertama kali mereka biasanya menanyakan seputar data pribadimu terlebih dahulu, jadi jangan kaget, jawaban interview yang baik harus tenang dan antusias sehingga pewawancara yakin bahwa seperti kamu yang meraka butuhkan perusahaan. Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui karakter anda. 


1. Bisakah Ceritakan seputar diri Anda?



  • Anda : Nama saya indra usmanan, saya alumni STTA jurusan Teknik informatika, pengalaman saya berkerja di PT (sebutkan nama perusahaanny) sebagai programer. 
  • Kuncinya: jangan seperti membacakan riwayat hidup, karena sudah ada di CV yang anda kasih. mulailah dengan memperkenalkan nama secara lengkap dan tegas, asal kampus dan jurusan, serta pengalamanmu (kalau bisa lebih satu pengalaman), tutup dengan jabatan terbaikmu saat ini.


2. Kenapa anda ingin bekerja disini?

  • contoh jawabnya : Jika perusahaan ini mempekerjakan saya, perusahaan ini akan menjadi tempat yang bagus untuk menunjukan pengalaman dan keahlian saya. Apapun target yang ditetapkan perusahaan, saya akan memastikan untuk menyelesaikannya tepat waktu, yang telah ditentukan.
  • Kuncinya : Saat pertanyaan ini muncul, waktunya menjual skillmu (memperlihatkan kemampuan pengalamanmu) 


3. selain pendidikan formal, apakah anda memiliki skill lain?


  • Anda : Ya pak/ibu, Saya sambil kuliah saya mengikuti seminar publik speaking dan seminar kepemimpinan, kursus Bahasa inggris dan Bahasa jepang. selain itu saya juga mampu mengoperasikan komputer dengan baik.
  • kuncinya : Sebutkan beberapa kemampuanmu minimal 3, misal bisa mengoperasikan MS Exell, MS Power Point, Bisa Bahasa inggris atau bahasa lain (Bisa bahasa internasional akan menjadi nilai tambah).


4. Bagaimana cara anda membayar kuliah ?


  • Anda : Sebagian 60% uang kuliah dari orang tua, 40% nya saya membagi waktu dengan baik bekerja separuh waktu bekerja di warnet, alasanya saya bekerja di warnet saya bisa sambil membaca dan belajar internet marketing.
  • kuncinya : anda boleh ganti bekerja misal menjadi SPG dan jangan lupa sebutkan alasannya, saya mengambil paruh waktu SPG agar terlatih berhadapan dengan orang-orang dengan berbagai karaktek.


5. Menurut anda apa Makna Pekerjaan?


  • Anda : Makna pekerjaan menurut saya adalah sebuah tanggung jawab besar dan pengabdian yang tulus, yang harus saya laksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa membantu membesarkan bagi kemajuan perusahaan.
  • kuncinya : Buat mereka terkesan dengan tekad yang kuat


Pertanyaan job interview tentang pengalaman dan keterampilan 

Pertanyaan job interview tentang pengalaman dan keterampilan
Gambar by pixabay

Saat tes wawancara kerja di PT atau Bank 90% Pertanyaannya, selain data pribadi yaitu seputar tentang pengalaman dan keterampilan. Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui loyalitas dan tujuan karier anda menghadapi persoalan yang timbul.

6. Apa kelebihan dan kelemahan anda?


  • Anda : kelebihan saya adalah tepat waktu (disiplin), Jujur, pekerja keras, dan mampu bekerja dengan team. Sementara kelemahan adalah suka lupa waktu saat membaca, namun kelemahan ini saya bisa atasi dengan mengaktifkan alarm.
  • kuncinya: Jawablah pertanyaan ini sejujurnya, jangan mengada-ngada, semua jawaban harus spesifik dan relevan dan jangan lupa memberi contoh untuk memperbaiki kelemahan anda.


7. Apakah saat bekerja anda pernah memiliki hubungan baik dan pernah terlibat konflik dengan rekan kerja?


  • Anda : Hubungan saya dengan team kerja selalu berjalan dengan baik dan harmonis. memang pernah sekali memiliki masalah soal pembagian tanggung jawab pekerjaan, namun kami dapat menyelesaikannya tanpa harus berantam, dengan cara berdiskusi i sehingga antara kamu merasa memiliki tanggung jawab masing-masing dan harus gotong royong.
  • kuncinya : Pewawancara ingin mengetahui bagaimana anda jika menghadapi konflik dan tekanan kerja. yakinkan pewawancara bahwa anda bisa menghadapi segala bentuk situasi diperusahaan.

8. Jika anda di haruskan bekerja dengan team, posisi apa yang anda inginkan?
  • Anda : Saya siap diposisi apa saja, namun jika bisa memilih saya lebih suka pada posisi menjadi seorang konseptor, alasanya dengan begitu saya bisa merencanakan langkah-langkah yang harus di ambil, merancang dan membuat daftar sumber daya yang di butuhkan, mempolakan hambatan dan tantangan, dan membuat ukuran kesuksesan sebuah projek kecil maupun besar.
  • kuncinya: yakinkan bahwa anda siap ditempatkan di posisi apa saja, dan bisa bekerja bersama tim yang di bentuk.

9. Bisakah anda bekerja dibawah tekanan?
  • Anda : Tentu selama ini saya sangat bisa mengatasinya, karena tekanan mengajarkan saya hal-hal baru dan Bisa memberikan hasil yang positif bagi saya untuk bekerja disiplin dan mengembangkan kemampuan yang saya miliki, saya akan tetap tenang dan fokus.
  • kuncinya : Berikan jawaban yang meyakinkan, bahwa kamu tidak takut dengan tekanan sesulit apapun dan kamu bisa mengatasinya.

10. Apa yang anda lakukan jika menghadapi masalah besar dalam pekerjaan nanti ?
  • Anda: Saya akan fokus mencari akar masalah dan penyelesaiannya guna mendapatan solusi yang tepat, tindakan yang tepat. Saya akan menjalankan solusi tersebut dan tidak segan mendengarkan masukan guna dalam rangka perbaikan. Saya juga akan menetapkan tindakan pencegahan agar masalah tersebut tidak terjadi lagi dilain waktu.
  • Kuncinya : Tunjukan Motivasi anda, mampu berhadapan dengan situasi apapun dan dapat menyelesaikan dengan solusi yang baik

11. Berapa Gaji yang anda inginkan ?
  • Pertanyaan ini sering sekali muncul disetiap tes wawancara, Tipsnya tentukan range dan riset terlebih dahulu besaran gaji diposisi yang anda ambil, mengajukan nominal yang masuk akal dan masih bisa di ajak bersedia bernegosiasi persoalan gaji. Sesuaikan dengan latar belakang pendidikan anda, pengalaman kerja anda dan skillmu.

12. Ada pertanyaan yang ingin anda ajukan ?
  • Pertanyaan ini biasanya muncul di akhir sesi atau sebelum tes wawancara berakhir, ini adalah kesempatan anda menusuk hati yang paling dalam pewawancara buatlah di tercengang, Tanyakan dengan "kapan saya mulai bergabung diperusahaan ini?"

Motivasi interview bahasa inggris dan motivasi kerja

Tes interview baik itu interview online dengan bahasa indonesia atau bahasa inggris sebenarnya, seputar pertanyaan wawancara sama saja. jika anda fasih dan aktif bahasa inggris alangkah baik lagi menjawab dengan bahasa inggris atau bahasa selain indonesia.

Motivasi kerja Sehari-hari

Motivasi kerja sangatlah sangat diperlukan, karena dewasa ini orang sangatlah dituntut untuk bekerja dengan cepat, teliti, cermat dan serajin mungkin.

"Lakukan segala sesuatunya dengan iklas dan semaksimal mungkin, ketika pekerjaan dilakukan dengan iklas hati semua akan terasa ringan dan berkah"
 
Tes Interview Kerja dan Kunci Jawabannya
Gambar by pixabay

Lowongan kerja online Bank, PT, Freelance, karyawan dan mekanik



portal-porta penyedia lowongan kerja online sudah banyak beredar di jagad internet baik lowongan kerja lokal maupun bekerja lowongan kerja internasional, seperti portal https://www.jobstreet.co.id/id/job-search/online-jobs/  anda cukup mendaftar melalui email, dan masukan CV sesuai bidang dan keahlian anda. 


Kesimpulan cara menghadapi tes wawancara

Nah, dari semua Jawaban diatas hanya sebagai gambaran besar yang sering ditanyakan dalam wawancara / interview, Anda harus mempersiapkan diri dengan terus berlatih, contohlah pertanyaan dan jawaban dari berbagai sumber dan buku, jawaban tidak perlu sama persis, anda boleh kembangkan dengan gaya bahasamu, agar tidak terlihat kaku dimata penguji.

Bersikaplah dengan sopan dan santun saat wawancara berlangsung, mulailah bersalaman dan jangan duduk sebelum di persilahkan duduk. selama tes wawancara selalu memberi senyum terbaik.

Semakin banyak anda berlatih semakin besar peluang diterima kerja PT maupun bank. memotivasi diri sendiri, Sehari sebelum tes wawancara maupun interview online anda sebaiknya Istirahat yang cukup dan jangan lupa berdoa sebelum tes wawancara dimulai. Good Luck sob.

Post a Comment for "Kisi-Kisi 12 Contoh Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja"