Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Obat Asam Urat dan Pantangannya

infoopas - Asam urat adalah peradangan pada sendi, yang kita rasakan jika bagian sendi kita encok, linu, serta nyeri. jika tidak segera diberi obat asam urat, kondisi ini sangat menyakitkan. karena terlalu banyak kadar purin (lemak) dalam tubuh. Semakin banyak pantangan makanan asam urat yang kita makan mengandung lemak, semakin besar resiko terjadi asam urat.

Obat Asam Urat dan Pantangannya

Proses terjadinya asam urat pada sendi biasanya menyerang kaki karena tingginya kadar lemak tadi akan mengalir didalam darah, akhirnya mengubah asam urat menjadi kristal, nah kristal ini akan menumpuk disekitar sendi serta jaringan tubuh lainnya. Akibatnya sendi dan otot akan terasa sangat sakit, anda pasti pernah merasakan nyeri otot, sakit bukan? Maka hindarilah pantangan yang mengandung kolesterol tinggi.

Resep Pengobatan Asam urat tradisional

Kita banyak bersyukur, alam menyediakan berbagai macam obat dari tumbuhan untuk mengobati penyakit asam urat ini, namun bagi yang memiliki cukup uang memilih membeli obat di apotek, karena tidak mau repot membuat resep alami obat asam urat. apa saja resep obat asam urat tradisional

Obat Asam Urat dari tumbuhan dan cara membuatnya

Banyak jenis tumbuhan yang sering digunakan jaman dulu sebagai obat tradisional mengobati dan mencegah asam urat, ternyata dua tanaman ini masuk kategori bisa mengobati asam urat, obat asam urat alami terdiri dari :

Obat Asam Urat Alami daun salam dan daun sirsak
contoh obat asam urat alami By pixabay

1. Obat asam urat dan kolesterol dari daun salam

Daun salam banyak disekeliling kita, atau pasar tradisonal dan moderen, daun salam biasa dipakai masyarakat sebagai bumbu dapur ini ternyata ampuh mengobati penyakit asam urat. Kandungan daun salam seperti flavonoid terbukti bisa mengurangi kadar lemak. Tidak hanya menyebabkan asam urat, Kolesterol tinggi juga sangat berbahaya menimbulkan hipertensi, anda harus tahu bahaya hipertensi bagi kesehatan.

Cara penggunaannya : Ambil 20 lembar daun salam tua (yang belom hitam) lalu rebus 5 gelas air, dengan api sedang. tunggu hingga sisa air menjadi 3 gelas, lalu dapat diminum selagi hangat 3x sehari selama sebulan.


2. Obat Asam urat dari Daun sirsak

Daun sirsak juga sama banyak manfaat untuk pengobatan, daun sirsak biasa digunakan untuk mengatasi penyakit hati kronis dan gagal ginjal. Daun sirsak bisa meringankan nyeri sendi pada penderita asam urat karena banyak mengandung vitamin A dan C yang sangat tinggi.

Cara penggunaannya: Sama dengan cara merebus daun salam, ambil 20 lembar atau lebih daun sirsak.


Jenis Obat-Obatan asam urat yang di jual di apotek

Obat mengatasi asam urat banyak yang menjual di apotek terdekat, namun kami tidak menyarankan untuk pemakaian lama dan tanpa resep dokter, karena penggunaan dalam jangka memiliki efek samping dan gagal ginjal.


Jenis Obat-obatan untuk menghambat produksi Asam urat

Jenis Obat yang dapat menghambat tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat menurut resep dokter adalah xanthine oxidase inhibitor (XOIs), allopurinol (Aloprim, Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric). Boleh pilih salah satunya. Yang menurut anda cocok saja

Nah, Obat tersebut diatas dapat menurunkan kadar tinggi asam urat dalam darah tubuh manusia dan mengurangi risiko terjadinya penyakit asam urat. Dan jangan lupa perhatikan efek sampingnya seperti ruam pada kulit, mual, berkurangnya jumlah darah, dan penurunan fungsi hati.

Makanan penyebab asam urat Kolesterol tinggi

Makanan penyebab asam urat Kolesterol tinggi
Seefood Makanan penyebab asam urat (gambar pixabay)

Kenali jenis-jenis pantangan makanan yang menyebabkan asam urat, Pantangan ini banyak mengandung zat purin (kolesterol) tinggi sehingga berisiko kambuh dan nyeri otot yang tidak enak (sakit). sebaiknya yang memiliki gejala asam urat untuk menghindari atau mengurangi porsi jenis makanan ini. Saya hanya menyebutkan jenisnya, untuk penjelasannya kita akan bahas di artikel berikutnya ya.

  • Seafood seperti, Udang (lobster), kerang dan kepiting
  • Jeroan seperti, Otak, babat, usus, paru dan lemak sumsum
  • Bebek dan burung dara
  • Minuman yang mengandung soda, seperti coca-cola dll
  • Alkohol
  • Ikan Asin

Mengobati asam urat, pencegahan asam urat dan pantangan asam urat


Alam menyediakan berbagai macam daun sebagai alternatif obat alami untuk mengobati penyakit, Meskipun kita mengetahui cara mengobati asam urat yang begitu banyak namun jika tidak memperhatikan kesehatan sendiri apalah guna, sehingga kita sering sekali lalai, tidak mempedulikan makanan pantangan asam urat. Ada banyak pantangan makanan yang di sebutkan diatas yang hanya berisiko tinggi.

Oleh sebab itu sebagai manusia biasa, kita harus pandai menjaga kesehatan seperti rajin berolah raga untuk menghancurkan kadar kolesterol tinggi. 

Penyakit asam urat bisa terjadi kepada siapa saja yang tidak menjaga pola makanan sehat, yang sudah berumur 40 tahun lebih dan memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit sangat berisiko tinggi.


Post a Comment for "Obat Asam Urat dan Pantangannya"