Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Ini Loh Cara Memperbaiki SD Card Rusak Yang Tidak Terbaca

SD Card adalah salah satu media memori penyimpanan data/file external selain flashdisk atau CD. SD Card biasanya ada dua macam yang kecil dan yang besar. 

SD Card ukuran kecil dipakai untuk memori smartphone sedangkan yang Sd card besar dipakai untuk memori kamera atau laptop. Banyak faktor yang mempengaruhi SD card kita rusak sehingga tidak terbaca atau terdektesi di hp android maupun laptop.


Dulu, pernah memory card yang tidak terbaca sama sekali membuat kepala pusing dan tidak bisa tidur, karena data saya ada disana semua, baik itu foto, video dan file-file kerjaan. sehingga pada saat itu juga saya memutuskan mencari cara memperbaiki SD card rusak. Karena menjadi persoalan semakin rumit jika data tidak bisa dikembalikan.

Cara Memperbaiki SD Card Rusak Yang Tidak Terbaca

Apa Penyebab micro SD rusak total?

Sebelum memperbaiki memory card rusak total kita harus pahami atau cari tau dulu yang menyebabkan sd card rusak. berikut penyebab micro sd card memory tidak berfungsi:

1. Kerusakan fisik dan magnet : Meskipun saat ini SD card sudah dibuat dari bahan kuningan yang kuat, pemakain yang salah memungkinkan akan bermasalah atau corrupt, misal : terbentur, jatuh, tercebur air, dan terkena panas.


2. Keterbatasan usia hardware : Setiap hardware yang diciptakan akan memiliki masa pakai, semakin sering anda gunakan untuk menyimpan dan mentransfer data maka akan semakin cepat aus memorinya. SD card standar biasanya mempunyai usia pakai 2-5 tahun atau telah melakukan baca dan tulis data puluhan ribu kali.



Cara Memperbaiki SD Card Rusak Total dan Datanya Tetap Aman

Cara ini cukup terbukti ampuh menyelamatkan beberapa memori yang saya miliki, yang tidak terbaca di hp dan laptop. semoga cara ini juga ampuh memori teman jadi jangan dibuang ya jika masih ada datanya.

1. Bersihkan Kartu Memori

Cara pertama mengatasi memori card yang tidak terdeteksi dengan membersihkan kartu memori, secara berkala. Buka terlebih dahulu memori di laptop atau hp. Coba perhatikan bagian kuningan yang ada di sd card tersebut apakah kotor atau tidak, jika kotor biasanya ditandai dengan menghitamnya kuningan pada lempengan card. 

Berikutnya, gunakan penghapus pencil berwarna putih, gosok perlahan di kuningan yang berwarna keemasan secara perlahan hingga bersih, selanjutnya sapu dengan kuas lukisan atau yang halus. pastikaan saat benar-benar sudah bersih dari sisa penghapus, masukan kembali sd card dalam handphone atau camera. kemudian periksa apakah sudah sukses terbaca atau belom.


2. Format Ulang Memori dari Android

Hp android tidak bisa membaca  sd card maka langkah yang lebih baik format saja melalui android tersebut, karena memori di android biasanya diserang virus tidak dikenal sehingga cara ini efektif untuk menghilangkan virus yang sudah menetap di hp. 

caranya masuk masuk kemenu setting ponsel (pengaturan) pilih menu storage kemudian klik, nanti dalam menu tersebut terdapat pilihan erase SD Card maka data berhasil di format. Dengan cara ini bisa membuat memorinya bersih dari virus dan memori bisa dibaca kembali. kartu memori yang minta diformat

3. Format Ulang dari PC/Laptop

kartu memori yang minta diformat di pc bisa dilakukan apabila kartu micro sd terbaca dilaptop tapi tidak terdeteksi di hp android. caranya terlebih dahulu backup semua data kartu memori, pindahkan di laptop, buat folder baru di laptop lalu pastekan disana. 

Jika sudah berhasil tersalin semua di pc, format kartu memori tersebut, tunggu sampai proses selesai. Kemudia data yang sudah dipindahkan (backup) di folder baru tadi pindahkan kembali dimemori yang sudah diformat.

itulah, 3 cara yang sering dilakukan untuk memperbaiki memori SD Card yang rusak, sehingga terdeteksi terbaca kembali, mungkin beda-beda orang beda masalah tapi tidak ada salahnya dicoba, untuk menolong data memori dikembalikan seperti semula.

Post a Comment for "Ini Loh Cara Memperbaiki SD Card Rusak Yang Tidak Terbaca"