Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

10 Tips Menulis Artikel Blog Wordpress yang Berkualitas, SEO Friendly, dan Page One Google

Artikel adalah suatu identitas sebuah blog maupun wordpress, oleh sebab itu seorang blogger harus bisa menulis artikel yang berkualitas, enak dibaca / SEO Friendly, mudah dipahami, punya ciri khas tulisan, sehingga secara kualitas itulah, artikel blog bisa bersaing dan menempati page one google.

Menulis artikel adalah suatu keharusan bahkan kewajiban setiap pemilik blog, karena dengan artikel yang banyak, kebutuhan informasi terpenuhi. Maksudnya setiap pengunjung / pembaca dapat bertahan dan berlama-lama menikmati setiap tulisan yang telah dikemas menjadi sebuah artikel yang mereka cari untuk membaca nya.

Selain itu juga, dengan rajin membuat artikel blog / wordpress, setidaknya konsisten setiap hari sampai jumlah artikel mencapai ratusan atau ribuan, maka secara tidak langsung algoritma SEO google menjadi baik dan kuat di mesin pencarian. 

10 Tips Menulis Artikel Blog Wordpress yang Berkualitas untuk Pembaca
10 Tips Menulis Artikel Blog Wordpress yang Berkualitas untuk Pembaca
Google punya cara memilih blog mana yang aktif untuk di rekomendasi kan berada di page one google. Maka seorang blogger harus terlebih dahulu menyenangkan google dengan rajin menulis artikel blog yang berkualitas sehingga dengan mudah menempati posisi pertama mesin pencarian google.


10 cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca dan Berkualitas

Bagi para blogger pemula jangan cemas sobat, awal nya juga sama seperti sobat, saya tidak mengerti cara menulis artikel yang keren hingga akhirnya bisa karena terbiasa meskipun sampai sekarang masih terus belajar menyempurnakan tulisan. 

Menulis artikel mungkin tergolong mudah tetapi belum tentu disukai pembaca. Semoga setelah mempraktekkan artikel ini tidak perlu memakai jasa seo lagi untuk optimasi blog Anda, bisa dilakukan sendiri. Berikut ini, tips dan cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca :

*1. Jangan terlalu banyak basa-basi

Anggaplah pengunjung blog sobat itu adalah diri sendiri yang memiliki aktivitas lain. Alasan berkunjung ke blog sobat karena ingin langsung membaca bagian penting informasi yang sedang dicari, tidak menghabiskan waktu membaca basa-basi yang garing dan tidak penting itu.

Boleh basa-basi tapi jangan terlalu panjang lebar dan tidak keluar dari topik yang ingin dibahas. hal ini akan membosankan.


*2. Pemakaian gaya bahasa yang tepat

Penggunaan gaya bahasa yang tepat dan mudah dipahami dapat menarik perhatian pembaca (penerima). karena gaya bahasa mempengaruhi suasana dan dapat membawa pembaca kedalam suasana serius dan penuh perhatian hingga akhir isi artikel.

Lalu, seperti apa gaya bahasa yang enak dipahami?

  • Menggunakan kosakata yang sederhana sesuai pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Bahasa indonesia.
  • Tidak terlalu banyak menggunakan istilah-istilah Asing yang jarang didengar, kecuali blog sobat fokus membahas informasi luar negeri (artikel bahasa inggris).

*3. Selalu melibatkan pembaca

Ini salah dua, point penting menulis artikel seo yang jarang diperhatikan. Padahal melibatkan pembaca menjadi kunci sukses blog. 

Jika sering membaca tulisan infoopas.com pasti akan sering menemukan kata "Anda", "Sobat", "Saudara", "Sob". Alasannya cuman satu kepengen melibatkan pembaca sebagai teman setia.

Beda hal nya jika tidak dilibatkan, misal menggunakan kata "Dia" dan "Saya" maka pengunjung merasa tidak dihargai dan tidak dianggap.

*4. Informasi "isi topik" harus lengkap

Bila sobat kebiasaan menulis artikel masih terlalu pendek atau kurang dari 500 kata, jangan harap bisa bersaing di pencarian google. karena google lebih menyukai informasi yang lengkap dengan jumlah kata yang banyak.

Tips menulis artikel yang panjang sobat perlu mencari sumber referensi yang banyak, dari beberapa blog atau buku kemudian ditulis dengan gaya bahasa unik sendiri.

Namun, tentu saja sobat harus perhatikan sumber yang dicari masih dalam topik yang sama dibahas dalam artikel atau informasi yang dibutuhkan. karena penjelasan yang detail dan lengkap dapat membuat artikel kita berkualitas dan memuaskan pembaca blog kita.

*5. Gunakan heading, subheading, minor

Kerangka tulisan atau susunan artikel yang baik dan benar pada sebuah tulisan ilmiah ataupun blog karena terdapat penggunaan heading, subheading maupun minor heading. Karena kegunaannya dapat mengoptimalkan artikel menjadi SEO friendly (enak dibaca).

Selain itu, apa fungsi Heading (H1), Subheading (H2), Minor (H3) tersebut :
  • Membuat para pembaca tetap menaruh perhatian pada artikel kita, sehingga tetap menarik untuk di baca.
  • Mempermudah sobat dalam mengembangkan kerangka menjadi tulisan utuh dan berkualitas. Jadi, kalau sobat mau cepat menulis artikel? buat kerangka tulisan terlebih dahulu.
  • Bisa membuat pembaca tertarik bergerak dari satu bagian ke bagian berikutnya
  • Membuat pembaca lebih mudah mengerti topik yang sobat sedang bahas.

*6. Sisipkan gambar

Salah satu syarat konten tulisan yang berkualitas adalah adanya gambar dalam artikel, apapun yang sobat bahas selalu sisipkan gambar. karena gambar adalah daya tarik dan membuat penasaran pembaca.

Tapi, perlu di ingat gambar yang dipilih harus sesuai judul topik yang dibahas.

Jangan, yang dibahas tentang blog. Lalu, menggunakan gambar tentang youtube. karena hanya dapat membingungkan pembaca saja.

Dan, agar tidak berurusan dengan hukum, gambar yang digunakan harus gratis dan bebas dari klaim. Jangan lupa, Baca juga : Rekomendasi situs download gambar gratis

*7. Perhatikan paragraf tulisan

Poin no 7 ini kadang sering disepelekan, jika pun sobat sudah terlalu lancar menulis artikel, usahakan setiap tulisan tidak lebih dari 4 baris setiap paragraf. 

Sebenarnya tidak masalah, namun baris yang terlalu panjang bikin mata cepat bosan.

*8. Perhatikan font

Apakah font yang sobat gunakan sudah tetap? font yang bagus dan tepat, akan membuat terlihat indah dan mudah di ingat.

Bayangkan saja penggunaan font yang tidak tepat tidak saja membuat blog sobat jelek tetapi bisa membuat kehilangan pembaca karena tulisan adalah bentuk suasana hati.

Menurut pengamatan, Ada 3 jenis font yang sering di gunakan oleh para blogger terkenal yaitu Arial, Helvetica dan Times.

*9. Jangan lupa membuat kesimpulan / Kata penutup

Kesimpulan/kata penutup dapat menjadi suatu pembahasan akhir yang menjadi perhatian artikel. 

Dengan membuat kesimpulan, pembaca akan dapat dengan mudah memahami hasil dari gagasan (penelitian) topik yang telah sobat buat. sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau keperluannya.

Saya akan membuat kesimpulan di akhir tulisan ini.  

*10. Edit tulisan sebelum di publish

Sampailah kita di pembahasan akhir tips membuat artikel, Biasa kan setelah sobat menulis artikel pastikan membaca ulang yang sudah ditulis, dari pembuatan judul, sub judul, gambar, sampai dengan kesimpulan.

Soba bisa edit beberapa bagian kalimat jika diperlukan, perbaiki kata-kata yang salah ketik, penempatan gambar, simbol (terutama titik/koma), sampai benar-benar rapi, agar pembaca merasa nyaman dengan tulisan sobat.

Kesimpulan

Menulis artikel bukanlah perkara sulit, tapi juga tidaklah mudah. Yang mempersulit adalah niat sobat sendiri, jika terlalu banyak berencana tanpa tindakan maka akan percuma.

Kebiasanlah yang membuat mudah dan enteng dalam menulis artikel, sama seperti saya waktu itu, semua pemula blogger pasti merasakan hal yang sama, jadi sobat jangan pesimis nanti juga akan lincah.

Jadi, kuncinya adalah menulis, menulis, menulis, dan praktek, praktek, praktek.

Demikianlah, cara menulis artikel blog. Jika sobat perhatikan dengan baik, Poin 1-10 adalah contoh artikel seo. Semoga Bermanfaat sobat salam sukses. Tinggalkan komentar.

Post a comment for "10 Tips Menulis Artikel Blog Wordpress yang Berkualitas, SEO Friendly, dan Page One Google"