Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

8 Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk

Postur tubuh ideal adalah bentuk tubuh yang terlihat sempurna dari ujung kaki sampai ujung rambut, sedangkan tubuh bungkuk adalah salah satu kondisi tubuh dimana tulang belakang melengkung kedepan melebihi batas normal sehingga seseorang ketika berdiri terlihat bungkuk. Tubuh bungkuk umumnya, terjadi karena kebiasaan sikap tubuh yang buruk, kelainan sejak lahir, genetik, dan kecelakaan.
8 Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk
Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk
Postur tubuh merupakan perpaduan antara tinggi badan, berat badan, keadaan tubuh, dan perawakan pada diri seseorang. postur tubuh memainkan peran kunci dalam membantu membentuk kepribadian, menjaga postur yang baik saat duduk, berdiri, berjalan atau tidur menjaga tubuh tetap tegak.

Kebiasaan ini juga mengurangi resiko sakit otot, sakit leher dan sakit punggung. disisi lain sikap tubuh yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional. bahkan posisi berjalan maupun duduk yang salah dapat menyebabkan masalah pernafasan, nyeri sendi, kesulitan berjalan dan bungkuk.


8 Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk

Berikut ini 8 Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk yang benar dan efektif jika dilakukan dengan rutin :

1. Selalu Berjalan dengan Kepala Tegap

Desain alam tubuh membuat berjalan mudah tetapi tidak benar saat berdiri dan berjalan menyebabkan postur tubuh yang buruk, hal ini juga dapat menyebabkan masalah kelelahan dan sendi yang kaku (pegal). Ketika berjalan cobalah untuk menjaga kepala tetap tegap dengan mata memandang lurus kedepan, bahu harus lurus, dan badan harus seimbang pada kedua kaki (badan tidak maju kedepan). 


2. Menjaga Postur Saat Tidur

Memang benar, bahwa tidak dapat secara sadar menjaga postur tubuh tertentu saat tidur, tapi bagaimana tidur dapat memiliki efek pada postur tubuh. Misal tidur terlentang dapat memperbaiki postur tubuh. Ketika tidur telentang sum-sum tulang belakang mendapat dukungan yang tepat dari tempat tidur dan bahupun berbaris sempurna dengan tubuh.


3. Istirahat Dari Duduk

Duduk dari posisi yang sama dalam berjam-jam membuat anda merasa lelah dan tegang, bahkan menyebabkan nyeri di leher dan punggung. Hal ini juga menyebabkan berkurangnya aliran darah, peningkatan stress. Jadi ketika duduk sudah satu jam, berdirilah untuk meregangkan otot, dengan cara tangan diatas lalu jinjit kaki sambil mengatur nafas beberapa detik.


4. Kenakan sepatu beralas datar.

Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk

Sepatu hak tinggi yang modis memang sangatlah populer dikalangan usia muda terutama wanita, namun jenis sepatu ini ternyata tidak baik untuk postur tubuh. memakai sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama berakibat buruk pada tulang belakang, pergelangan kaki, pinggul dan lutut. Hingga pada akhirnya mengubah postur tubuh menjadi bungkuk, dan mengubah gaya berjalan.


5. Olahraga Yoga

Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk dengan latihan yoga
Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk dengan latihan yoga
Yoga sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh, yoga membantu meningkatkan keseimbangan, memperkuat otot inti,  memperpanjang tulang belakang, dan meningkatkan feksibilitas. banyak gerakan yoga untuk memperbaiki postur tubuh bungkuk seperti standing forwarb bend, bridge pose, upward-facing dog, cow fase pose dan table top.


6. Jangan Membungkuk Saat memakai komputer.

Menghabiskan beberapa jam sehari bekerja didepan komputer, tidak sadar mengadopsi kebiasaan postural yang buruk, seperti membungkuk kan tubuh. Hindari kebiasaan buruk ini ya, karena tanpa disadari postur badan akan berubah seiring waktu. Maka, janganlah membungkukan tubuh dalam waktu yang lama, usahakan duduk posisi badan tetap tegap.


7. Memperkuat otot-otot inti

bird dog salah satu bentuk latihan memperbaiki postur tubuh bungkuk
Gerakan latihan bird dog satu bentuk latihan memperbaiki postur tubuh
Latihan memperbaiki postur tubuh bungkuk adalah fokus terhadap latihan memperkuat otot-otot inti, yang merupakan otot punggung, yang terhubung ke tulang belakang dan panggul. Seperti latihan T-pulses, bird dog dan sebagainya. Terapkan setiap pagi selama seminggu atau 4x dalam seminggu.


8. Berenang 

Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk dengan berenang
Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk dengan berenang
Banyak olahraga untuk memperbaiki postur tubuh salah satunya berenang. Menurut ahli fisik mengungkapkan terapi yang terbaik memperbaiki postur tubuh kifosis (bungkuk) yaitu dengan melakukan olahraga air. Saat berenang membantu memperkuat kembali otot inti dan sangat baik untuk punggung bawah dan juga menarik bahu dan tulang punggung sehingga menjadi lebih tegap. Boleh mencoba bariasi dengan cara mengapung dan berjalan didalam air.

Nah, itulah tips memperbaiki postur tubuh bungkuk, kendati demikian tidaklah semua postur tubuh dapat disembuhkan. Dengan latihan yang teratur, terapi maksimal, kebiasaan buruk saat duduk maupun jalan dihindari, dan asupan vitamin D dan kalsium yang cukup, akan mencegah supaya tidak semakin parah. Segera konsultasi kan kepada dokter ahli tulang dan fisik untuk terapi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "8 Tips Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk"