Iklan di bawah menu

8 Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula 2019 Tanpa Modal Besar

Investasi properti memang dinilai sangat menjanjikan, dari sekian banyaknya investasi usaha. Pengertian investasi properti adalah jenis usaha yang fokus pada jual beli properti perumahan, perkantoran, ruko, apartemen dan sebagainya baik secara langsung maupun tidak langsung, yang di jalankan oleh perorangan atau suatu lembaga (jasa) di bidang properti dengan modal besar atau tanpa modal besar.
8 Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula 2019 Tanpa Modal Besar
8 Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula 2019 Tanpa Modal Besar
Tahun 2019, Pasar bisnis properti memang sudah mencetak banyak investor properti yang sukses dengan profit keuntungan yang besar. Tidak heran mengapa saat ini sebagian orang, terlebih pemula, lebih tertarik mengalihkan investasi nya ke sektor properti. Tetapi ingat, resiko investasi properti juga cukup tinggi. Jika tidak bisa mengendalikan, bisa-bisa menjadi bencana keuangan dan masa depan perkembangan bisnis. 


8 Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula 2019 Tanpa Modal Besar

Berikut ini adalah cara bisnis investasi properti untuk pemula tanpa modal besar.

1. Lunasi Hutang

Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula Lunasi Hutang (debt)
Ilustrasi Debt 
Cara inverstasi bisnis properti yang pertama adalah lunasi hutang terlebih dahulu, untuk menghilangkan beban. Tidak jarang bagi investor properti mengambil metode berhutang dalam memulai langkah investasi sektor propertinya. Hal ini, tidaklah disarankan. Tetapi, rata-rata orang apalagi pemula, mungkin tidak seharusnya mengambil langkah utang ini. 

Sebaiknya, uang yang digunakan untuk investasi properti tidaklah dari uang pinjaman. Selain itu, anda bisa menunda terlebih dahulu niat untuk membeli unit properti jika masih di rasa memiliki tunggakan utang. Karena, ini bukan langkah yang tepat.



2. Memiliki Keterampilan Reparasi

Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula | Bisa Reparasi
Ilustrasi Reparasi Bisnis properti
Jika anda seorang lulusan teknik sipil atau memiliki bakat kemampuan renovasi / reparasi bangunan, seperti mengecet dinding, memperbaiki saluran air tersumbat, mengganti plafon, plaster tembok, atau memperbaiki bagian lain dari bangunan rusak. 

Mungkin masih ada, sebagian orang akan berfikir untuk mengalihkan beberapa pekerjaan tersebut kepada tukang atau ahlinya daripada mengerjakannya sendiri buang-buang waktu. 


Jika, hanya memiliki satu bangunan yang di investasi kan, maka tak jadi masalah berfikir demikian. tetapi bagaimana jika anda memiliki dua properti atau lebih ? tentu hal ini dapat menghabiskan banyak biaya dan mengurangi keuntungan bisnis properti, ya kan? jadi lebih baik apabila mengerjakan reparasi sendiri.



3. Menghitung Margin Keuntungan

Menghitung Margin Keuntungan Bisnis Properti
Ilustrasi Menghitung Margin Keuntungan Bisnis Properti
Biasanya perusahaan besar menargetkan keuntungan dari omset sekitar 5%-7%. Sementara investasi individu harus menargetkan keuntungan setidaknya 10% dari nilai investasi. Namun, pastikan menyisikan biaya pemeliharaan sebesar 1% dari nilai properti setiap tahunnya.

Tidak lupa juga pengeluaran lain, seperti pajak, asuransi, dan biaya bulanan lainnya seperti pengendalian hama, listrik, air dan sebagainya. 



4. Hindari Membeli Bangunan Bekas / Bangunan Tua

Mungkin banyak yang tergoda membeli bangunan tua dengan harga murah, dengan iming-iming diskon. untuk dijadikan investasi properti, setelah bangunan tersebut di renovasi untuk pemula ini bukanlah idea yang baik, tetapi jika anda sudah berpengalaman atau jago menghitung pengeluaran biaya renovasi sehingga tidak mengeluarkan biaya banyak.

Cara bisnis properti kecil-kecilan untuk pemula, tanpa modal besar ialah carilah bangunan dengan harga di bawah rata-rata pasar namun perbaikan renovasi nya sedikit dan jika dijual masih menguntungkan.



5. Menghitung Biaya Operasional

Hal ini kerap dilupakan, dari perhatian para pebisnis properti, karena terlalu percaya diri. Padahal agar terhindar dari kerugian yang tidak terduga perlu menghitung biaya operasional. Pastikan anda menghitung dengan rinci dan teliti biaya operasional kebutuhan setiap unit nya, mulai dari biaya perbaikan, transportasi, biaya pajak dan biaya tak terduga lainnya secara keseluruhan unit yang kamu punya pastikan biaya operasional tidaklah banyak.


6. Memilih Kategori Properti Low-End

Strategi bisnis properti dengan cara memilih kategori properti yang masih low-end, artinya jika anda ingin investasi rumah, anda bisa memilih rumah dengan spesifikasi sederhana / kecil-kecilan dahulu. Tujuannya dalam prinsip ini yang di utamakan adalah untuk menambah aset terlebih dahulu. Ketika aset sudah mulai berkembang anda bisa menambahkan modal dari keuntungan yang sudah didapat untuk mengembangkan bisnis properti lain yang anda punya.


7. Cermati Peta Perencanaan Wilayah

Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula 2019 Tanpa Modal Besar
Ilustrasi Cermati peta perencanaan wilayah
Setelah anda mantap terjun untuk menjalankan berinvestasi dalam industri properti, kini saatnya ada melihat keluar untuk menentukan lokasi yang tepat. Sebaiknya banyak mencari informasi tentang perencanaan wilayah ditempat yang ingin anda investasi kan, baik itu dari teman, rekan sesama pebisnis, atau berteman baik dengan pihak pemerintah bagian tata kota atau perencanaan wilayah kota. 

Misal wilayah X beredar kabar elektonik maupun koran akan dijadikan sebagai wilayang industri baru, ini berarti kesempatan emas yang harus di jemput untuk meningkatkan nilai keuntungan investasi.


Tips nya dengan memanfaatkan daerah tersebut untuk berinvestasi properti. Karena keuntungan bisnis properti di lokasi tersebut dapat dipastikan harga nya akan cepat melambung tinggi jika sudah ada industri ekonomi baru yang masuk diwilayah tersebut. oleh sebab itu belilah bangunan di wilayah itu sebelum industri masuk.



8. Pilih Lokasi Yang Tepat

Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula 2019, Pilih lokasi strategis
Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula 2019, Pilih lokasi strategis
Nah, setelah mengetahui bahwa ada industri yang akan dibangun,  maka langkah berikutnya menentukan lokasi yang tepat dan strategis. Ini point yang paling penting pasalnya lokasi akan menambah keuntungan bisnis properti tersebut dan akan menentukan sukses atau tidaknya investasi properti sobat kedepan. 

Pastikan mencari area dengan biaya pajak paling rendah namun anda harus wajib bayar pajak ya, serta daerah yang layak lingkungan dengan tingkat kejahatan rendah dan bebas dari banjir, selain itu faktor lain sukses nya bisnis properti adalah lokasi dekat sekolah, pasar/restoran. Baca juga : 7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar



Kesimpulan Bisnis Property

Nah, demikianlah cara memulai investasi properti, jika 8 cara diatas bisa anda terapkan, tidak menutup kemungkinan anda akan berhasil dan bisnis properti anda berkembang. Selain itu strategi dalam investasi, terapkan "sunrise property", yaitu memilih properti berada di kawasan yang akan berkembang dalam kurun waktu 3-5 tahun akan datang.

0 Response to "8 Cara Investasi Bisnis Properti Bagi Pemula 2019 Tanpa Modal Besar"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel