Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

5 Kesalahan Olahraga Lari, Wajib Kamu Tau Supaya Tidak Cedera!

Ngomong-ngomong soal lari hari ini saya ingin membahas kesalahan olahraga lari yang jarang diketahui. Nah, mungkin termaksud saya yang suka lari tapi kok tidak merasakan manfaat langsung dari berlari. selain itu kesalahan lari bisa mengakibatkan cedera. Jadi apa saja kesalahan itu, yuk kita bahas biar lebih sehat dan tidak salah lagi.

Berlari adalah kegiatan rekreasional, jadi tidak ada kewajiban apapun yang mewajibkan kita lari kecuali anda seorang atlet lari. Maka berlarilah dengan riang gembira tanpa beban (rilex), sehingga tidak mudah lelah. Saat berlari supaya tidak melakukan kesalahan dan tidak menimbulkan cedera, jangan dipaksakan. Lakukan senyaman mungkin dan sebahagia mungkin.

Kesalahan Olahraga Lari yang Sering Dilakukan

Untuk menjawab penasaran kita seputar kesalahan dunia pelarian. Berlari olahraga paling praktis, tapi apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh pelari ? Simak, 5 kesalahan olahraga lari sebagai berikut :

1. Kecepatan adalah Bukan Segalanya

5 Kesalahan Olahraga Lari, Wajib Kamu Tau Supaya Tidak Cedera

Para pelari biasanya berpikir, apalagi yang baru memulai olahraga lari, mereka ingin secepat mungkin. itu keliru, bahwa yang paling penting dibangun adalah daya tahan nya. kalau daya tahannya membaik/endurace, maka kecepatannya ikut bertambah. Kata pelatih lari Andri Yanto pelari harus memiliki prinsip endurance first, speed follwers.

Treatment untuk meningkatkan daya tahan / endurance tersebut teruslah berlari yang rutin, memiliki jadwal seminggu 3-4 kali. Jarak tidak perlu jauh-jauh dan berlama-lama. Misal kita bisa memulai untuk seorang pemula setiap lari 30 menit dan terus meningkat sampai dengan 40-60 menit. itu semua dilakukan secara bertahap. Jadi konsep berpikir anda harus di ubah bahwa kecepatan bukanlah segalanya.


2. Mengenakan Perlengkapan / Apparel yang Salah

Kesalahan Olahraga Lari Menggunakan sport wear yang salah

Saat berlari gunakan sport wear (pakaian dan sepatu) yang tepat, yang nyaman dan bisa melepas panas. Karena pada saat berlari, suhu tubuh kita akan meningkat secara drastis. Kalau pakaian dan sepatu tidak mendukung maka tubuh kita akan semakin panas sehingga berpengaruh pada performa yang cepat lelah dan menurun. 

Supaya tetap nyaman saat berlari, buat para pelari hijabers meskipun tertutup tetap menggunakan pakaian yang dapat melepas panas, sudah banyak tersedia di toko-toko online maupun toko apparel ternama yang memproduksi khusus jilbab untuk olahraga.

Cara Memakai sepatu saat lari tidak boleh terlalu kencang dan tidak juga longgar, karena kalau terlalu kencang kita bisa cedera loh. sering kejadian otot mengalami cedera karena mengikat sepatu terlalu kencang dan kalau terlalu longgar sepatu juga bisa copot saat lari. Jadi sedang saja, anda boleh memperkirakan sendiri kan? yang jelas sesuaikan kenyamanan kita sendiri.

Memilih sepatu harus lebih besar dari ukuran kaki minimal ada jarak 0,5-1 cm, supaya saat dipakai tidak ada benturan didalam antara jari kita dan sepatu. Misal sepatu yang biasa anda pakai sehari-hari size 41 maka beli sepatu yang size 42.


3. Berlari Terlalu Effort

Sebetulnya lari ini adalah aktifitas purba hehe, ya karena sejak jaman dulu orang sudah berlari, ya kan? karena tubuh manusia itu didesain untuk bergerak. Jadi yang paling penting itu rilex

Rilex dalam pengertian kalau kita sekarang berbicara tentang running, maka tubuh kita semua harus rilex, baik itu gerakan tangan saat lari tidak boleh tegang, pundak dan wajah juga rilex. Supaya pada saat berlari kita tidak tegang otot-otot tubuh agar memiliki daya tahan saat berlari.

4. Berlari Setiap Hari

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelari adalah mereka berlari setiap hari. Memang sih pada saat setelah berlari tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin. Hormon yang memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia. Berlari setiap hari terutama pemula atau pun senior ini keliru.

Kita jangan berlari setiap hari, kita harus ada istirahatnya. Saya sarankan berlari hanya 3-4 kali seminggu. Misal senin lari, selasa istirahat, rabu lari, kamis istirahat, begitu seterusnya selang seling. Sabtu dan minggu boleh berlari setiap hari tapi diatur waktunya Misal sabtu 20 menit jogging, minggu 40 menit jogging. 

5. Makan Suka-suka

5 Kesalahan Olahraga Lari, Wajib Kamu Tau Supaya Tidak Cedera!

Hampir semua orang melakukan kesalahan ini, termaksud saya hehe. Jadi begini setelah over olahraga lari ada namanya Golden window yaitu 30-60 menit setelah berlari. Sehingga tubuh dan pikiran kita lagi rakus-rakusnya ingin makan sesuatu karena kelelahan. Ingat, apapun olahraga, terlebih lari adalah program diet. Karena saat lari kita melakukan kardio atau pembakaran lemak yang sangat efektif untuk menurukan berat badan secara cepat.

Jadi jangan memberikan nutrisi yang buruk setelah berolahraga, karena makanan itu yang diserap oleh tubuh kita. Justru setelah berolahraga kita memberikan nutrisi yang paling baik untuk tubuh. Rekomendasi nutrisi yang baik adalah kita harus mencukupi kebutuhan karbohidrat dan protein harian. Saya merekomendasikan Baca juga : 10 Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak

Karbohidrat mengganti energi yang telah kita pakai saat berolahraga, sedangkan protein gunanya untuk memulihkan otot-otot yang rusak. Maka kecukupan protein dan karbohidrat setelah olahraga itu sangat penting. Supaya besok kita lebih bugar. Salah satu kunci mempercepat memulihkan tubuh adalah nutrisi yang baik.

Kesimpulan

Demikian, informasi buat kita semua yang suka olahraga, terlebih yang pecinta / hobby lari. Supaya bisa melakukan lari yang bermanfaat, yang benar (tidak melakukan kesalahan lagi), dan yang pasti bikin sehat, jangan lupa seimbangkan dengan nutrisi yang baik untuk tubuh ya sob. Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "5 Kesalahan Olahraga Lari, Wajib Kamu Tau Supaya Tidak Cedera!"