Iklan di bawah menu

10 Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak Yang Sehat Untuk Diet/Bulking

Makanan yang mengandung protein tinggi sangatlah baik untuk tubuh. Protein merupakan salah satu nutrisi esensial yang penting untuk pembentukan sel-sel dalam tubuh, mulai dari pertumbuhan otot, peremajaan kulit, pertumbuhan rambut hingga produksi enzim dan hormon tubuh. 

Sumber protein dan kalori yang sehat adalah pola hidup sehat dan kunci sukses keberhasilan program bulking atau menambah berat badan. Makanan yang kita konsumsi sangatlah berpengaruh terhadap pertumbuhan yang sehat dan kuat.

Sumber protein terdiri dari beberapa asam amino yang terbagi menjadi dua yaitu protein nabati dan protein hewani. makanan yang mengandung protein nabati (dapat diproduksi oleh tubuh) berasal dari tumbuh-tumbuhan. 


Adapun protein hewani adalah protein yang bisa diperoleh dari hewan seperti daging merah, daging ikan, telor, susu dan sebagainya.

Asam amino yang dapat diproduksi oleh tubuh disebut asam amino esensial yang diperoleh dari makanan hewani dan tumbuhan. 

Jika dibandingkan protein dari tumbuhan, protein hewani seperti daging, susu, telor, ikan dan keju mengandung 9 asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh kita sebagai sistem kekebalan tubuh dan pembentukan jaringan tubuh. 


Jenis Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Program menambah berat badan (bulking) pembentukan otot dan program diet, harus pintar dalam memilih makanan, wajib memperhatikan nutrisi protein dan kalori, meskipun di wajibkan untuk makan lebih banyak, anda harus tetap pandai memilih sumber protein dan kalori yang sehat. Beberapa sumber makanan yang mengandung protein tinggi, berikut :


1. Daging Merah

Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Daging Merah
Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi Daging Merah

Selain sebagai sumber protein daging merah seperti daging sapi, domba atau kambing, juga penting sebagai sumber vitamin B12 dan Zat Besi. Vitamin B1 mrupakan vitamin yang sulit ditemui pada tumbuhan. 

Oleh karena itu orang yang hanya mengkonsumsi protein nabati memiliki resiko kekurangan vit b12. Oleh sebab itu konsumsi daging merah secara teratur memastikan kecukupan zat besi pada tubuh manusia. 

Namun untuk menghindari kalori jahat pada daging merah disarankan mengkonsumi bagian dagingnya saja, hindari jeroan, kulit, lidah, dan sum-sum daging.


2. Daging Putih (Dada Ayam)

Ayam Bakar merupakan Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi
Ayam Bakar merupakan Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi 

Dada Ayam merupakan salah satu sumber protein yang tinggi dibandingkan bagian daging ayam lainnya. lemak (kalori jahat) banyak terletak pada kulit dan bagian paha ayam. Bagi kamu yang lagi program bulking maka pililah bagian dada ayam. Lebih baik lagi apabila dikonsumsi dengan cara dibakar atau dikukus Hindari digoreng.


3. Telor

Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi dan kalori yang sehat
Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi dan kalori yang sehat

Telor ayam atau unggas adalah makanan favorite oleh hampir semua menyukainya. Telor sangat cocok di konsumsi saat sarapan, sebelum gym dan sebelum tidur. Selain menyehatkan telor juga sumber protein sangat baik dan ideal bagi perkembangan otot tubuh karena memiliki ninggi nilai BV 100 sehigga protein yang terkandung dalam telor mudah diserap dalam tubuh, maka sangat cocok untuk menambah berat badan ideal dengan konsumsi putih telor saja.


4. Apel

Buah tinggi protein salah satunya adalah apel
Buah tinggi protein salah satunya adalah apel

Buah tinggi protein untuk diet salah satunya adalah apel. Dari sebuah penelitian menunjukan apel bagus untuk kesehatan tubuh seperti menguatkan sistem kekebalan, karena kandungan apel sumber protein nabati, maka cocok juga sebagai diet. 

Apel adalah sumber karbohidrat terbaik untuk anda yang sedang diet. Dalam 1 biji apel ukuran sedang, yang mengandung 3% kalori, 95% karbohidrat dan 2% protein. Anda yang suka gym dan lagi melakukan program menurunkan berat badan makanlah apel 1 biji apel dicampur otmeal sebelum tidur, agar otot berkembang dan tetap merasa kenyang sampai pagi meskipun tidak makan berat. Baca juga : Manfaat Oatmeal untuk Diet Sehat


5. Susu

Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi dan kalori yang sehat
Minuman tinggi protein

Selain telor yang memiliki nilai tinggi BV adalah susu. Minuman tinggi protein Susu Sapi asli merupakan sumber protein terbaik, bayangkan 80% kandungan protein yang terdapat pada susu merupakan protein kasein sedangkan sisanya 20% merupakan protein whey.  Nah, kombinasi dua jenis protein ini sangat membantu akan mengoptimalkan latihan membentuk sixpack dan cocok program cutting untuk di konsumsi sebelum latihan dengan syarat minuman susu yang di konsumsi bukan susu instan kemasan tetapi bubuk atau susu murni asli.
Baca Juga : Gerakan Mengecilkan Perut dan Membentuk Sixpack Dirumah


6. Susu Yogurt

Yogurt Minuman tinggi protein selain susu sapi
Yogurt Minuman tinggi protein selain susu sapi

Minuman tinggi protein selain susu adalah yogurt yunani. kandungan protein yogurt yunani dua kali lebih banyak dari tipe biasa karena lembut sehingga mudah dicerna, selain itu bagi penderita lactose intilerance atau rentan terhadap protein susu, dimana setiap kali minum susu dapat menyebabkan diare maka minum yogurt menjadi solusinya sehingga kebutuhan protein harian tetap terjaga karena sudah melalui proses fermentasi jadi aman buat usus.


7. Lentils

Kacang Lentils Makanan tinggi protein dan Rendah Kalori
Kacang Lentils Makanan tinggi protein dan Rendah Kalori

Makanan sumber tinggi protein berikutnya ialah lentils, Lentils merupakan jenis kacang-kacangan yang berukuran kecil yang biasa dihidangkan dalam masakan india.,cocok buat kamu yang vegetarian. Banyak yang menyebutkan sayuran lentis merupakan makanan yang mengandung protein nabati terbaik. Sayuran ini mengandung serat mudah larut namun rendah kalori (kolesterol) sehingga sehat untuk tubuh.   

Selain itu kandungan vitamin B dan folat dalam sayuran lentils, sangat baik bagi ibu yang sedang hamil mengkonsumsi lentils. Cara memasak lentils yaitu siapakan 500ml air dan masukan segelas lentil ukuran kecil (220ml). Panaskan di api sedang sampai mendidih selama kurang lebih 20-30 menit.


8. Sayuran Brokoli

Sayur Brokoli merupakan Makanan sumber protein tinggi nabati
Sayur Brokoli merupakan Makanan sumber protein tinggi nabati

Bagi yang suka gym sudah tidak asing lagi sayuran ini biasanya dikonsumsi setelah latihan bersama sayuran hijau buncis dan kacang panjang. Para ahli sepakat mengungkapkan brokoli mengandung protein nabati terbaik, sehingga disarankan untuk dikonsumsi bagi yang program bulking cepat. Brokoli tidak hanya mengandung tinggi protein tetapi juga merupakan sayuran hijau yang rendah lemak, kaya akan vitamin, nutrisi, vitamin C, Vit K, potasium yang baik untuk tubuh, sehingga mampu menagkal serangan kanker.


9. Kacang Kedelai

Sayur Brokoli merupakan Makanan sumber protein tinggi nabati
Sayur Brokoli merupakan Makanan sumber protein tinggi nabati dan Kalori yang sehat

Kacang kedelai yang dijadikan tempe, susu kedelai dan toge selain kaya akan protein, juga mengandung zat iso-flavones yakni substansi seperti estrogen, yang berfungsi membantu mencegah kanker dan osteoporosis. Studi menunjukan mengkonsumsi kacang kedelai mampu menurunkan resiko kanker payudara.


10. Ikan

Ikan salmon merupakan Makanan sumber protein tinggi
Ikan salmon merupakan Makanan sumber protein tinggi

Tentunya kita semua sudah sangat paham kalau makanan laut seperti ikan merupakan makanan protein tinggi yang mudah didapat karena hampir setiap hari kita konsumsi. Protein ikan laut sangat diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan meningkatkan fungsi kerja otak anak. Maka perbanyaklah mengkonsumsi ikan setiap hari kepada anak-anak atau ibu hamil dan menyusui untuk membantu perkembangan otak serta pertumbuhan tulang mereka sejak dini.

Beberapa jenis ikan seperti ikan gindara, ikan kembung, ikan ekor kuning, memiliki kadar lemak yang sangat rendah yaitu mengandung 1-3 gr lemak namun memiliki protein yang sangat tinggi antara 19-22gr protein per ekor (100gr). Sedangkan ikan salmon, patin dan tuna memiliki kandungan lemak yang cukup banyak namun tidak membahayakan sehingga tetap sehat dan layak dikonsumsi setiap hari. Karena lemak ikan yang terkandung didalamnya merupakan lemak baik Omega 3. Jadi konsumsi lah selagi fresh dan lebih baik di bakar dan dimasak kuah. Baca selengkapnya : Jenis Ikan Yang Mengandung Protein Tinggi

Nah, Demikianlah 1o Makanan yang mengandung protein tinggi dan kalori yang sehat wajib anda konsumsi setiap saat untuk memenuhi kebutuhan protein harian dan masih banyak lagi sumber protein rendah lemak yang sehat, seperti kacang almond, gandum dan sebagainya. Anda harus jelih memilih dan memperhatikan protein dan lemak yang masuk kedalam tubuh, Demi tubuh dengan berat badan yang ideal sehat dan berotot hindari makanan yang digoreng atau menggunakan minyak jenuh.  Semoga informasi ini bermanfaat ya.

0 Response to "10 Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak Yang Sehat Untuk Diet/Bulking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel