Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

9 Tips Jitu Membuat Akun Instagram Untuk Jualan, Omset Meningkat 100%

Tips jitu jualan di instagram omset meningkat 100% - Orderan sepi? susah closing? bisa jadi karena mengabaikan beberapa tips penting di akun instagram yang sobat gunakan untuk jualan / bisnis. 

Tulisan tips trik jualan di instagram kali ini akan menunjukan betapa sobat harus memperhatikan tata cara berjualan yang detail di instagram jika ingin benar-benar sukses jualan di instagram dengan omset jutaan.


Sebelum membahasnya secara detail sering ada pertanyaan sebaiknya akun instagram di buat bisnis atau personal? ini hanya masalah selera pribadi ya sob, masing-masing ada kelebihan dan kelemahan.

Di akun ig bisnis kita bisa melihat data statistik yang lengkap, sedangkan akun ig personal tidak bisa, lalu kelemahan dari bisnis sobat tidak bisa sesekali membuat akun kita menjadi private dan di personal bisa.
9 Tips Jitu Membuat Akun Instagram Untuk Jualan, Omset Meningkat 100%
Cara berjualan di instagram untuk pemula
Lalu, ada juga pertanyaan, sebaiknya akun ig di private atau dibuka? jawab nya tentu harus di buka, karena salah satu penyebab coustomer / pembeli tau jualan kita adalah karena mendapatkan hasil postingan kita via hastage.

Kalau di private hanya bisa dilihat oleh orang yang sudah mengikuti kita. jika follower masih sedikit sebaiknya dibuka saja, kecuali pengikut suda di atas 200k. jadi jangan dulu private jika tak ingin pembeli cari jualan lain. Jadi, bagaimana Tips jitu jualan di instagram omset meningkat 100%? simak penjelasan nya.


Tips Tata Cara Berjualan di Instagram untuk Pemula

1. Buat akun IG terlihat profesional

Buat toko olshop instagram sobat seolah-olah master dibidangnya. Karena akun pembeli akan melirik dan membeli produk di akun yang terpercaya, jangan sampai berbohong.

Bagaimana membuat akun instagram terlihat profesional? Berikut penjelasannya:
  • Nama/username Seo Able : maksudnya adalah buatlah nama / username akun mudah ditemukan atau berpotensi muncul di kolom pencarian. Ketika orang mencari suatu produk / jasa. Misalnya jual sepatu murah, grosir jilbab murah, baju cowok distro, dan sebagainya. 
  • Logo : berfungsi untuk identitas brand atau toko online sobat, jika akun kita tidak mempunyai logo maka jangan harap pembeli melirik dagangan kita, karena logo adalah syarat suatu akun terlihat profesional. Logo harus terlihat simple, unik, dan menarik agar mudah dilihat dan diingat.
  • Info produk/jasa : sobat perlu menuliskan penjelasan tentang info produk / jasa apa yang sobat jual. Bisa singkat, padat dan jelas tapi harus spesifik. karena kalimat di bio / profil mengandung seo di instagram, jika perlu tambahkan hastage
  • Info kontak : ini sifatnya sangatlah wajib ya sobat. karena jika tidak ada info kontak, sudah jelas pembeli akan kesulitan akan menghubungi sobat untuk order produk. Sebaiknya untuk nomor hp gunakan nomor yang mudah di ingat misal nomor yang cantik dan hanya 10 atau 11 digit nomor. 
  • Info kota pengiriman : harus ada informasi dari mana produksi di kirim, tujuan agar calon pembeli bisa mengira-ngira atau memprediksi kecepatan barang tiba, dan ongkos kirim. 

2. Buat Menu sorotan / highlight stories

Salah satu fitur jualan di instagram adalah menu sorotan. Selain terlihat profesional di fitur menu sorotan kita bisa menambahkan beberapa informasi lain yang belom tertulis dikolom biodata misalnya Testimoni pelanggan, Warehouse, shipment, dropship, dan lain-lain.

Testimoni adalah suatu hal yang wajib di akun jualan instagram, karena hingga saat ini testimoni merupakan salah satu jurus jitu dan ampuh menarik pembeli. Baca juga : 7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untung Besar 

Seperti yang kita ketahui karakter orang-orang indonesia itu akan membeli sesuatu barang jika sudah ada yang membuktikan nya. Testimoni yang baik adalah mendapatkan 4 dan 5 bintang. Dengan begitu pembeli akan terus berdatangan setiap hari.

Cara mendapatkan ulasan 4 / 5 bintang adalah buatlah pembeli percaya dengan produk yang kalian jual, berikan kualitas produk yang terbaik,  packing yang rapi, dan pengiriman tepat waktu.

3. Posting secara konsisten

Sobat harus posting produk secara konsisten, setiap hari dan usahakan waktu yang sama. misalkan hari ini prosting jam 8 pagi maka usahakan di waktu posting berikutnya di waktu yang sama jam 8 atau di antara jam 7 dan jam 9.

Karena posting secara konsisten akan meningkatkan engagement rate audiens di akun instagram.

4. Upload 3 postingan sekali post

Seperti yang kita ketahui ketentuan timeline instagram saat ini sudah sama dengan timeline facebook yaitu berdasarkan engagement, jadi satu postingan kita hanya akan berpotensi dilihat hanya sekitar 10% dari followers kita.

Posting 3 kali foto sekaligus akan membuat produk kita dilihat lebih banyak pengikut. Lalu kenapa tidak 5,6,7 atau 10 foto? karena kalau terlalu banyak akan di tandai spam oleh instagram.

Dalam sehari berapa kali posting foto produk di instagram? lebih baik posting 1 atau 2 kali post saja. Misal pagi 3 foto malam 3 foto.

5. Susun postingan yang menarik

Basic dari ig adalah sosial gambar atau foto. Jadi, gambar atau foto ada di urutan teratas untuk tuntutan kualitas produk jualan, selanjutnya tulisan atau caption

Contoh caption jualan di instagram adalah
  • "Yuk, order segera sepatu lucu anak, sebelum kehabisan loh"
  • "Nikmati diskon besar 35%, untuk pembeli tercepat."
  • "Beli 2 gratis 1 untuk pembelian gamis hasanah"
  • Dan lain-lain.
Jangan posting foto produk jualan yang blur atau pecah-pecah dan susuk semenarik mungkin foto postingan. Unsur penting dalam foto adalah mengutamankan sisi balance (keseimbangan). 

Bentuk foto diagonal sejajarkan dengan diagonal, misal jenis produk yang sama sejajarkan dengan produk sejenis. ukuran-ukuran juga di buat seimbang. Jika ada foto produk unggulan yang bagus lebih baik tempatkan di sebelah kanan atau tengah. Karena rata-rata orang akan melihat terlebih dahulu bagian sisi kanan layar hp.

6. Clean and clear

Seperti kita sudah bahas diatas, buatlah akun instagram yang CAC yaitu clean and clear. foto dengan kualitas bagus, pencahayaan pas, dan gunakan selalu real pictute atau foto asli produk jualan. 

Salah satu strategi jitu berjualan di instagram adalah menggunakan gambar asli produk, karena  real picture dapat memikat calon coustumer / pembeli. Produk sesuai gambar asli dapat memikat kepercayaan pembeli sehingga menjadi pelanggan tetap. Dengan begitu omset jualan bertambah. Buat bisnis online sobat terlihat seperti asli. Ada Banyak ide bisnis yang bisa di pasarkan melalui instagram Seperti : 7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untung besar

Jualan di instagram sepi biasanya penjual tidak menggunakan gambar asli produk, sehingga ketika barang sampai. Pembeli akan merasa kecewa, produk yang mereka beli tidak sesuai kenyataan. Ini hanya membuat pembeli tobat untuk order kembali.

7. Buat foto square 

Buat foto square sebelum di posting. Meskipun saat ini kita bisa saja posting foto yang non square alangkah baiknya buat foto square dengan rasio 1:1 karena Foto square jauh lebih rapi dan foto produknya tampak lebih jelas keseluruhan.


8. Penggunaan Hastag

Hastag adalah salah satu fitur tambahan untuk meningkatkan jualan di instagram (ig). Karena hastag akan mempermudah pembeli untuk menemukan barang yang di inginkan. ketika mengetikan hastag yang sama dengan produk yang di jual.

Sebaiknya gunakan hastag yang spesifik, maksudnya sebutkan merek dan type. Contoh jika produk yang dijual kaca mata, maka hastag yang baik adalah #KacaMataKeren #kacaMata, #kacaMataOakley dan sebagainya. 

Lalu kapan waktu yang tepat untuk posting di instagram, gunakan acuan nya dari gold time instagram yaitu waktu-waktu yang banyak di kunjungi, misal :

  • Saat Bangun Tidur
  • Saat Istrahat Siang
  • Sore Hari
  • Menjelang tidur
Sebaiknya posting dua jam sebelum waktu-waktu tersebut di atas. kenapa? karena menurut algoritma istagram saat posting 2 jam sebelum itu akan berpotensi dilihat 10% follower saat diposting dan 10% berjalan sampai malam. 

9. Maintenance

Layaknya tubuh butuh perawatan agar terus hidup dan sehat. Instagram juga demikian merawatnya agar berkembang dan sukses butuh kerja keras dengan cara follow, comment, dan like. 

Jangan follow 50 akun perjam, karena akan di anggap spam, tetapi follow akun 10-20 perjam. Dan ig hanya memberikan batas 7500 following mengikuti akun lain. Maka, Manfaatkan lah agar akun mendapat followback yang banyak. Baca juga : Cara meendapatkan followers gratis instagram

Balas komentar calon pembeli dengan cepat dan tepat, jangan membuat mereka menunggu terlalu lama. Karena balasan comment yang cepat membuat mereka yakin dan percaya akun olshop instagram sobat asli bukan akun penipuan atau fake. begitupun sebaliknya.

Kesimpulan jualan di instagram

Demikianlah sobat, Tips cara jitu Membuat Akun Instagram Untuk Jualan, Melakukan pemasaran melalui instagram dan media sosial lainnya, adalah sarana paling efektif untuk  seorang pemula meningkatkan omset dan keuntungan bisnis online sobat. Jangan lupa tinggalkan komentar ya.

Post a Comment for "9 Tips Jitu Membuat Akun Instagram Untuk Jualan, Omset Meningkat 100%"