Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Iniloh Makanan yang Membuat Otak Fokus dan Konsentrasi

Makanan yang sehat tidak hanya lezat tetapi bermanfaat buat kecerdasan dan perkembangan otak, meningkatkan fokus dan konsentrasi. 

Menua tidak bisa dicegah, semakin bertambahnya usia daya ingat otak terus menurun. Akhirnya bisa-bisa pikun. tentu ini bukanlah kabar baik. Tetapi tenang, meskipun pikun tidak bisa ditebak kapan menghampiri, ada yang usianya sudah 70 tahun lebih masih bisa fokus dan konsentrasi dan kadang di usia masih muda juga sudah sering ketinggalan barang / lupa. 

Ada banyak faktor penyebab otak tidak bisa konsentrasi dengan baik seperti konsumsi gula berlebihan, kekurangan asupan gizi dan vitamin dalam makanan, kelelahan seharian bekerja di kantor, kurang tidur, bahkan depresi membuat otak menua lebih cepat dan sebagainya.
Iniloh Makanan yang Membuat Otak Fokus dan Konsentrasi
Iniloh Makanan yang Membuat Otak Fokus dan Konsentrasi
Jika usia masih muda maupun anak-anak, maka belum terlambat agar wajib memperhatikan nutrisi gizi dan vitamin yang kita konsumsi sehari-hari. Hal ini, agar mencegah menurunnya konsentrasi otak / daya kerja otak. jadi jangan pernah meremehkan kebutuhan nutrisi makanan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang membuat otak fokus dan konsentrasi, agar asupan gizi terpenuhi.


Pertama Oatmeal.

Oatmeal merupakan makanan yang bisa sobat andalkan untuk meningkatkan kecerdasan. Oatmeal makanan baik untuk diet ternyata oatmeal yang mengandung vitamin B6 ternyata sangat baik untuk meningkatkan daya kerja otak.

Selain itu kandungan seratnya bisa membentuk energi, supaya stamina tetap terjaga sekaligus melindungi sel-sel tubuh dari serangan jahat radikal bebas selama masa tumbuh kembang anak. Konon oatmeal juga mengandung anti depresan yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi anak pada saat belajar.


Kedua Coklat hitam

Kalau kalian ingin fokus dan konsentrasi coba juga coklat hitam / dark cokelat yang sudah banyak tersedia di supermarket / swalayan. Konon katanya coklat hitam mengandung 60% buah kakao, bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian.

Kalau sobat minum 1-2 cangkir coklat setiap hari selama sebulan, sobat bisa memperbaiki aliran darah ke otak sehingga memiliki kinerja otak yang lebih baik dalam tes memori dari sebelumnya. 


Ketiga Ikan Salmon

Yang mau coba masakan dari ikan boleh memilih ikan salmon, resep / tips membuat otak fokus alias tidak cepat pikun masyarakat jepang adalah sering mengkonsumsi ikan, terutama ikan salon. Sehingga membuat ikan jenis ini sangat mahal di jepang.

Makanan yang bantu meningkatkan fokus fungsi kognitif tubuh adalah Ikan salon, karena kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa membangun kembali sel-sel otak yang rusak, memperlambat penurunan kognitif, memperkuat hubungan sel-sel memori di otak dan juga memperkuat sinapsis otak sobat loh.

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan protein tinggi. Maka tidak heran, ikan salmon ini dijuluki makanan otak loh sobat. Konsumsi ikan salmon minimal 2 kali dalam seminggu agar membuat otakmu fokus dan tajam.


Keempat Telur

Siapa disini yang suka dengan telur? tentu hampir semua suka telur tak terkecuali anak-anak. Telur juga mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi meningkatkan perkembangan otak agar lebih konsentrasi dan suasana hati lebih bahagia karena kandungan kolin nya atau senyawa yang bikin selaput otak tetap sehat loh.


Kelima Sayuran hijau

Kalian juga sobat jika vegetarian bisa memilih sayuran hijau karena nustri sayuran hijau seperti lutein, folat dan juga kandungan betakaroten untuk kesehatan otak.

Kandungan tersebut lah yang bisa mencegah penyakit pikun, Bahkan nih ya para ahli saraf menganjurkan makan sayuran hijau seperti bayam minimal 3x seminggu. Makanan yang bagus untuk kecerdasan otak adalah sayuran hijau. 

Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam dapat dijadikan jus untuk kecerdasan otak anak. Sedangkan untuk orang dewasa konsumsi sayuran hijau secara rutin bisa menjaga pikiran sobat, daya ingatnya tetap tajam. Nah, kalau ibu hamil makan sayuran hijau sangat baik untuk perkembangan otak janin.

Keenam yogurt

Minuman penambah konsentrasi adalah yogurt. Kandungan yogurt seperti tirosin asam amino begitu memiliki peran yang sangat penting dalam memproduksi dopanim. Selain itu juga, kombinasi protein dan kalsium dalam yogurt membantu sobat untuk konsentrasi.

Demikianlah, informasi mengenai jenis makanan yang membantu otak fokus dan konsentrasi. Tentunya selain dari faktor nutrisi dari makanan agar mencegah penyakit pikun dan ingatan tetap tajam yaitu jangan terlalu begadang dan rajin berolahraga. Terutama olahraga di taman atau penghijauan lainnya untuk fresh kan otak.

Post a Comment for "Iniloh Makanan yang Membuat Otak Fokus dan Konsentrasi"