Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

9 Jenis Bahan Kain Baju/Celana Olahraga Beserta Harganya

Pemilihan jenis bahan kain untuk membuat baju maupun celana olahraga akan mempengaruhi kenyamanan seseorang saat beraktivitas olahraga seperti senam, lari, bola kaki, bola voli, bersepeda dan latihan fisik olah tubuh lainnya.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan lebih sehat.Tubuh perlu bergerak sehingga menguras energi dan keringat. Maka dari itu, Anda mesti memilih bahan kain olahraga yang tepat, agar dapat mendukung kelancaran latihan jasmani secara maksimal.


Kebetulan Saya memiliki usaha konveksi yang setiap tahunnya sering menerima orderan paket seragam baju dan celana olahraga (OR), mulai dari sekolah, kampus, guru-guru sampai dengan umum (komunitas).
Jenis bahan kain olahraga
Jenis bahan kain olahraga Sumber : instagram andreadianbimo
Dari pengalaman ini, Saya akan memberitahukan jenis bahan kain apa saja yang dibutuhkan untuk membuat seragam olahraga terbaik. Sehingga Anda dapat dipercaya oleh pihak sekolah, kampus, maupun instansi pemerintahan untuk mengerjakan proyek olahraga ini.

Beberapa Bahan Kain Olahraga (OR) / Training

Nah, sebelum Anda memutuskan membeli bahan kain untuk keperluan pakaian olahraga. Sebaiknya simak dulu ulasan mengenai jenis bahan kain terbaik dan mudah disablon yang sering saya pakai untuk bikin setelan olahraga (OR). Berikut ulasan lengkapnya:

1. Kain Paragon

Bahan kain olahraga paragon

Kain paragon adalah kain sejenis bahan kaos dan berasal dari keluarga polyester yang biasa digunakan sebagai kostum basket. Ciri ciri dari kain paragon yaitu bahannya sulit menyerap air keringat, namun teksturnya tebal dan fleksibel ketika digunakan. Hal ini yang membuat kain paragon cocok digunakan sebagai bahan kain olahraga basket.

Harga bahan Kain Paragon 2019 :


Warna
Harga Kiloan /kg
Harga Roll /kg
Muda (putih)
61.000
56.000
Sedang
63.000
58.000
Tua
65.000
60.000
*Ket : 1  Roll = 25-26 KG

2. Kain Wafer

Bahan kain olahraga wafer

Bahan Kain wafer adalah jenis kain dengan polanya yang unik, berbentuk wajik di bagian permukaannya. Bahan kain ini sering dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan seragam bola dan futsal. 

Tentu selama ini Anda telah memakai pakaian dengan bahan kain wafer untuk bermain bola atau futsal. Hanya saja, Anda masih belum mengetahui nama dari jenis kain yang digunakan tersebut.

3. Kain Diadora

Bahan kain olahraga diadora cocok untuk celana trening

Kain diadora adalah jenis kain yang banyak digunakan untuk membuat training celana olahraga (OR), dan jacket olahraga. Untuk menargetkan pasar menengah Anda boleh pilih kain ini. mempunyai sifat bahan yang mengkilap saat terkena sinar matahari. 

Sehingga memberikan kesan mewah walau harganya terbilang bukan yang paling murah. Biasanya kain diadora dipasangkan dengan kaos olahraga dari kain katun pique / Lacoste. Celana yang terbuat dari kain diadora lebih nyaman saat dipakai kegiatan leadership.

Update terbaru 2019 harga diadora di bandung :
Warna
Harga Kiloan /kg
Harga Roll /kg
Muda (putih)
61.000
56.000
Sedang
62.000
57.000
Tua
63.000
58.000
*Ket : 1  Roll = 25-26 KG

4. Kain Dri Fit

Jenis kain olahraga Dri-Fit cocok untuk baju jersey / atlet

Pernah beli jersey salah satu club sepak bola kesayangan Anda. Misal Barcelona, atau club yang disponsori Nike? jika Anda perhatikan dengan jeli pasti menemukan tulisan Dri-Fit. Karena bahan yang disebut Dri Fit ini untuk pertama kalinya dikeluarkan oleh brand terkenal Nike.

Ciri-ciri jenis bahan ini yaitu berpori dan ringan. Karena teksturnya yang berpori inilah menyebabkan sirkulasi udara yang baik, sehingga keringat mudah kering.

Dri-Fit terbuat dari komposisi campuran 35-40% polyester, spandex, dan nilon. Tergantung kebutuhan campuran yang di inginkan. Akibatnya kain eyelet/dri fit juga mempunyai sifat yang lentur dan padat. Cocok untuk pakaian atlet seperti lari marathon, tennis, golf, jersey basket, dan lain-lain.

5. Kain Adidas

Kain jenis adidas

Ketika mendengar kata adidas sudah membayangkan brend yang keren, premium dan terkenal. Dari semua jenis kain menurutku Kain adidas merupakan bahan celana olahraga terbaik. Selain digunakan untuk celana bisa juga untuk jacket adidas yang sering Anda jumpai.

Kain Adidas memiliki ciri ciri yaitu sedikit tebal, halus pada permukaan depan, serta tidak berbulu pada bagian dalam. Kain ini sering digunakan untuk berbagai macam jenis pakaian. Mulai dari jaket, sweater, serta yang paling banyak digunakan yaitu untuk pakaian sporty premium. 

Harga kain adidas terbaru:
Warna
Harga Kiloan /kg
Harga Roll /kg
Muda (putih)
76.000
74.000
Sedang
77.000
75.000
Tua
78.000
76.000
*Ket : 1  Roll = 25-26 KG

6. Kain Lotto

Bahan kain lotto untuk membuat celana OR
Gambar kain lotto
Kain lotto adalah jenis kain dengan ciri cirinya yang lembut dan halus serta mempunyai tingkat ketebalan seperti bahan cotton. Seluruh sekolah pada umumnya menggunakan kain lotto sebagai standar bahan untuk membuat celana OR training.

Harga kain lotto terbaru 2019 :

Warna
Harga Kiloan /kg
Harga Roll /kg
Muda (putih)
49.000
46.000
Sedang
50.000
47.000
Tua
51.000
48.000
*Ket : 1  Roll = 25-26 KG

7. Kain PE Doubel (PE28)

Bahan kain PE Doubel (PE28)

Berbicara mengenai kain lotto, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas kain PE Doubel (PE28). Sebab kain lotto dan PE28 merupakan kombinasi kain yang tepat dan paling sering digunakan untuk seragam olahraga sekolah TK, SD, SMP, SMA.

Kain lotto sebagai bahan kain untuk celana olahraga nya, sedangkan atasannya (baju) menggunakan kain PE Doubel, Jadi dua jenis kain ini tidak dapat dipisahkan. Bahkan bis celana olahraga saya menggunakan PE. Karena saat disablon Kain Pe sangat keren warnanya akan timbul (lihat gambar salah satu buatanku). 

Harga kain PE Doubel atau juga biasa disebut PE Super, masih relatif murah kok dan ekonomis, hal ini dapat menguntungkan. 1 Kg PE bisa menghasilkan 3 Baju ukuran L dewasa dan 4-5 baju untuk kaos SD.

Lihat tabel harga bahan kain kaos olahraga PE28 bulan september, di bawah ini :

Warna
Harga Kiloan /kg
Harga Roll /kg
Muda (putih)
57.000
54.000
Sedang
58.000
55.000
Tua
59.000
56.000
*Ket : 1  Roll = 25-26 KG

8. Kain Spandek

jenis bahan kain
Contoh jenis bahan kain spandek untuk legging. Sumber : instagram andreadianbimo
Apa itu kain spandek? Bahan spandek adalah sejenis serat buatan manusia yang karakteristiknya elastis, sehingga dapat mengikuti bentuk tubuh.

Nah Anda yang hobby olahraga renang, sepeda, aerobik, yoga, jogging, dan seorang atlet pasti sering menggunakan pakaian dari berbahan spandek.

Spandek atau atau disebut juga elastane memiliki kelebihan : tidak mudah berkerut, daya elastis yang baik, lembut, ringan dan tidak mudah pudar. 

Menjadikan kain ini menjadi pilihan semua orang. Pada umumnya sih, kain spandek dibuat dalam model celana legging pria/wanita.

Nah bagi Anda yang ingin membuat sebuah apparel sporty, baju-baju muslim, termaksud hijab, celana jeans boleh menggunakan serat pandek yang dikombinasikan dengan serat lainnya. Seperti serat kapas (katun), polyster dan lain-lain. Alasannya lembut dan ringan.

Harga kain spandek yang sudah jadi bahan, Lihat tabel sebagai berikut :
Warna
Harga Kiloan /kg
Harga Roll /kg
Muda
50.000
47.000
Sedang
51.000
48.000
Tua
52.000
59.000
*Ket : 1  Roll = 25-26 KG

9. Kain Hyget

Kain hyget terdiri dari 2 macam yaitu hyget salur dan serena. Kedua bahan kain ini memiliki tekstur yang sama yaitu rapi, lembut, padat, lentur dan adem. Yang membedakan hanya pola nya saja. Kain hyget salur memiliki pola garis-garis lurus yang sejajar. Sedangkan serena tidak ada pola.

Selain itu, kain hyget ini dibuat dari campuran polyester serta cotton. Jadi memiliki kemampuan serap keringat yang baik dan ringan ketika dipakai. 

Hyget serena rekomendasi bangat untuk bahan kain jersey bola, kaos futsal, kaos voli, dan kaos badminton.

Berikut ini tabel harga kain hyget 2019 di bandung:
Warna
Harga Kiloan /kg
Harga Roll /kg
Muda (putih)
48.000
45.000
Sedang
49.000
46.000
Tua
50.000
47.000
*Ket : 1  Roll = 25-26 KG

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak jenis bahan kain yang bisa digunakan untuk membuat baju dan celana olahraga. Akan tetapi hanya sebagian yang sering digunakan sebagai bahan baku pakaian training (sesuai standar). Saya hanya menyampaikan 9 model kain olahraga (OR) yang sering Saya gunakan.

1 comment for "9 Jenis Bahan Kain Baju/Celana Olahraga Beserta Harganya"

  1. Terima kasih min, infonya cukup bermanfaat buat teman teman yang ingin membuat baju olahraga. karena jenis bahan yang dipakai ada banyak dan memiliki karakteristiknya masing masing. Buat yang mau tahu kelebihan dan kekurangan bahan spandek bisa cek disini

    ReplyDelete