Iklan di bawah menu

Tips dan Strategi Cerdik Lolos Tes CPNS dalam 4 Langkah Mudah

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) adalah impian hampir semua orang. Jika Anda bermimpi untuk bisa mendapatkan pekerjaans sebagai PNS, maka untuk mendapatkan pekerjaan ini membutuhkan beberapa langkah agar siap menghadapi berbagai tes yang harus dihadapi. Berikut adalah strategi lolos CPNS yang bisa Anda lakukan agar bisa meraih impian Anda.

Strategi Lolos CPNS

Tips lolos CPNS 2019
Tips lolos CPNS 2019 / gambar jawapos.com
Data statistik BKN memperkirakan ada sekitar 5jt peserta CPNS di tahun 2019. Ada beberapa strategi yang bisa Anda persiapkan agar bisa lolos menjadi seorang PNS tahun ini, di antaranya adalah :

1. Siapkan dokumen lamaran dengan benar

Pastikan Anda memenuhi semua dokumen persyaratan dalam mendaftar online di portal web resmi cpns https://bkn.go.id/. Satu dokumen saja tertinggal, maka jangan harap Anda akan lolos ke dalam tahap selanjutnya. Oleh sebab itu teliti kembali semua dokumen Anda sebelum apply. 

Seluruh calon pegawai wajib melengkapi dokumen syarat dan ketentuan yang sudah di tetapkan agar bisa mendaftar CPNS 2019, sebagai berikut :
  • A). Hasil Scan Kartu Tanda Penduduk sesuai wilayah / domisili
  • B). Hasil Scan Kartu Keluarga
  • C). Scan Pas Foto terbaru
  • D). Hasil Scan Ijazah
  • E). Scan Transkrip Nilai
  • F). SKCK yang masih berlaku
  • G). Dokumen lain sesuai kebutuhan dan ketentuan instansi yang akan dilamar.

2. Pelajari Tentang Tes SKD

Pastikan  bahwa Anda memiliki kualifikasi minimum untuk posisi yang Anda lamar. Jika dalam tahap administrasi lolos, 

Selanjutnya, Anda akan menerima undangan email untuk mengikuti ujian kualifikasi atau Seleksi Kompetensi Dasar.



Harus tahu deskripsi terperinci tentang isi ujian dengan jawaban yang tepat. Semua soal di SKD sengaja dirancang untuk mengukur bakat bersama dengan keterampilan yang Anda miliki dalam hal kerja tim dan pemecahan masalah.



Sementara soal tes SKD semuanya berjumlah 100 soal. Dengan rincian TWK 35 soal, TIU 30 soal dan TKP 35 Soal. Hanya dalam waktu 90 menit. Itu berarti, anda punya waktu menjawab 54 detik setiap soal tidak boleh lebih. 

Karena, jika tidak anda akan gagal mencapai point maksimal. Jadi, butuh strategi pengerjaan untuk dapat menyelesaikan semua soal. 

Apa saja perbedaan soal TWK, TIU dan TKP?
  • Pertanyaan soal tes wawasan kebangsaan (TWK). Meliputi, pelajaran pendidikan kewarganegaraan seperti UUD 1945, Pancasila, sejarah dan semacamnya. Jika anda bukan jurusan pendidikan, tidak ada salahnya belajar kembali tentang PKn ini. Dari 35 soal, wajib menjawab benar minimal 16 soal. Karena 16x5 = 80 Point.
  • Soal tes intelegensi umum (TIU). Menurut teman, pengalaman lulus cpns tes tahun 2018 soal TIU paling sulit dikerjakan. Soal TIU berupa numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis, kemampuan verbal (lawan kata/persamaan kata) dan analogi. Untuk itu persiapan belajar sebaiknya 2 bulan sebelum tes. Dari 30 soal tes TIU, wajib Anda menjawab benar minimal 16 soal. karena pasing grade 80 point.
  • Dari 3 jenis soal CPNS paling mudah dikerjakan adalah tes kepribadian (TKP). Karena jawaban TKP semuanya benar loh. Jadi jangan terjebak soal. uniknya Anda hanya perlu menjawab yang paling benar/bagus. Tips lulus tes TKP gunakan nalar dan perbandingan serta pastikan konsisten jawab yang dipilih. Selain itu, harus jujur dalam menjawab soal TKP, karena jawabanmu mencerminkan dirimu sebenarnya. Setiap jawaban tes ini punya nilai 1-5. Artinya apapun yang Anda pilih akan bernilai. Dari 35 soal pasing grade 143. Itu berarti pastikan bisa menjawab soal sebanyak 25 soal.


Mengetahui apa yang harus dipelajari adalah setengah dari perjuangan dalam lulus ujian pegawai negeri. Semua SKD dilakukan secara online (CAT), jadi pastikan Anda melakukan hal-hal di bawah ini :

  • A). Hati-hati membaca pertanyaan, kuncinya adalah fokus dan konsentrasi
  • B). Menyadari waktu terbatas, tidak menghabiskan terlalu lama untuk satu pertanyaan
  • C). Untuk efisensi waktu, terlebih dulu mengerjakan soal yang gampang dijawab
  • D). Jika masih ada sisa waktu, periksa kembali pekerjaan sebelum mengirimkan ujian, pastikan tidak ada kesalahan.

3. Tunjukkan kepercayaan diri di seleksi wawancara

Jika Anda lulus dengan memenuhi passing grade setidaknya skor total 298 point, maka Anda akan melaju ke dalam sesi wawancara. Oleh sebab itu Anda harus memiliki motivasi dan persiapan yang bagus untuk mengatasi tahap seleksi terakhir ini. Panel  penguji bertujuan untuk menilai kelayakan fisik Anda untuk peran pekerjaan impian Anda itu.

Karenanya, hanya mengeluarkan jawaban yang bagus bukanlah kunci untuk memecahkan putaran wawancara menjadi pegawai negeri. Beberapa  komunikasi non verbal seperti kontak mata, perilaku percaya diri atau aksen yang jelas perlu dipelajari agar pengetahuan Anda dilengkapi dengan kesan yang baik.

Namun, disarankan untuk mengambil waktu 30 detik untuk menyusun setiap jawaban Anda secara mental, sebelum Anda mulai berbicara. Persiapan ini akan membuat setiap jawaban Anda dalam sesi wawancara enak didengar dengan konten dan masukan yang diperlukan.
  
Seperti disebutkan sebelumnya, sesi wawancara ujian pegawai negeri sipil lebih merupakan ujian pribadi Anda di mana sifat dan penampilan pribadi Anda akan dinilai. Penting untuk menunjukkan perilaku yang terorganisir dalam hal ini dengan berpakaian formal untuk acara wawancara,

4. Persiapan yang matang menjelang tes

Secara resmi, yang bertanggung jawab dalam penerimaan yakni badan kepegawaian negara (BKN) telah mengumumkan pelaksanaan tes calon pegawai 2019 akan berlangsung bulan oktober dengan jumlah kebutuhan ASN 254.173 semua instansi. "Sumber laman resmi BKN.

Oleh karena itu, masih ada waktu sebulan untuk mempersiapkan diri dengan matang hingga H-2. Persiapan yang maksimal akan memuluskan jalan anda menjadi PNS.

Persiapan mulai dari dokumen, pakaian, peralatan tulis, dan yang paling penting adalah berlatih mengerjakan soal-soal tes CPNS yang bisa Anda dapatkan dari buku-buku, referensi soal dari internet, bergabung dengan komunitas WA/facebook CPNS atau bisa meminta saran dari teman yang sudah terlebih dulu keterima pegawai.

Saat hari H pelaksanaan tes, sempatkan waktu sarapan sedikit saja. Karena jika perut Anda kosong akan sulit berkonsentrasi mengerjakan soal-soal. Jangan lupa berdoa ya.

Dengan menerapkan strategi lolos CPNS maka langkah Anda menuju ke karir impian akan segera terwujud.

0 Response to " Tips dan Strategi Cerdik Lolos Tes CPNS dalam 4 Langkah Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel