Iklan di bawah menu

Syarat dan Cara Daftar CPNS Tahun 2019 Terbaru!

Jika sesuai jadwal, pembukaan tes CPNS 2019 sesaat lagi akan resmi dibuka. Seperti yang diumumkan oleh pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui media sosialnya yaitu 11 November 2019. Pasti banyak dari Anda yang tidak sabar untuk ikut tes penerimaan calon PNS di tahun ini.
Apalagi seiring waktu semakin banyak kebijakan dan aturan yang semakin membuat warga PNS kian diuntungkan. Setidaknya pihak penyelenggara BKN sebut ada 7 proses yang harus dilewati setiap calon peserta yaitu dimulai tahap pengumuman penerimaan CPNS dan PPPK secara umum, pendaftaraan CPNS dan PPPK, Pengumuman seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Bersama (SKB), Pengumuman kelulusan dan pemberkasan.

Agar Anda lulus ASN, Simak ulasan penting dan informasi seputar pendaftaran CPNS tahun ini di bawah.

Syarat Tes CPNS 2019

Syarat dan Cara Daftar CPNS Tahun 2019 Terbaru!
CPNS 2019 / Foto : Tempo
Tidak hanya pada media sosial BKN, media sosial Badan Usaha Milik Negara atau BUMN pun ikut memberi pengumuman seputar tes tersebut. Mereka juga meminta para warga negara mengajak teman, keluarga, dan kerabat untuk bersama-sama ikut tes penerimaan CPNS.
Yang perlu disiapkan untuk tes cpns 2019 masih sama seperti di tahun-tahun sebelumnya, terdapat sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi bagi para calon PNS yang ingin mengikuti tes. Syarat-syarat tersebut meliputi:
  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Warga Negara Indonesia yang merupakan ex-WNA (sebelumnya menjadi Warga Negara Asing) bisa mengikuti dengan persyaratan khusus.
  3. Usia peserta tidak kurang dari 18 dan tidak lebih 35 tahun.
  4. Sehat secara jasmani serta rohani, berdasarkan syarat khusus yang telah ditetapkan pada jabatan/posisi yang Anda dipilih. Masing-masing jabatan/posisi memiliki syarat berbeda dalam penentuan kondisi kesehatan.
  5. Peserta tidak pernah melanggar hukum dengan hukuman penjara yang berdasarkan keputusan dari pengadilan.
  6. Peserta tidak pernah melakukan kesalahan berat sebagai PNS, anggota/prajurit TNI, anggota Polri, atau pun sebagai pegawai swasta yang mana diberhentikan secara tidak hormat dari tempat kerja/kantor sebelumnya. Pemberhentian tidak hormat ini bisa atas dasar permintaan sendiri maupun kebijakan dari tempat kerja/kantor.
  7. Tidak sedang mencalonkan diri sebagai peserta anggota/prajurit TNI dan Polri.
  8. Peserta tidak sedang terlibat aktif sebagai anggota pengurus dalam dunia kepolitikan dan partai politik.
  9. Memenuhi kualifikasi standar pendidikan sesuai syarat di masing-masing jabatan/posisi yang dipilih.
  10. Peserta harus bersedia atau mau ditempatkan di daerah mana pun di wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) atau pun negara lainnya yang telah ditentukan oleh pihak pemerintah ketika sudah diterima sebagai PNS nantinya.
  11. Memenuhi persyaratan khusus pada masing-masing jabatan/posisi lainnya sesuai kebutuhan dari jabatan/posisi tersebut sesuai penetapan yang dilakukan oleh PPK atau Pejabat Pembina Kepegawaian.
  12. Melakukan pendaftaran dan tes melalui website resmi yang tekah disediakan oleh BKN.
  13. Memenuhi prosedur yang tertera pada website resmi pendaftaran CPNS di tahun 2019.
Yang perlu diingat, hindari melakukan pendaftaran melalui pihak-pihak yang menawarkan jalur atau akses ‘spesial’. Umumnya penawaran penerimaan Calon Pegawai Negara Sipil melalui jalur ini akan disertai biaya yang cukup tinggi. Padahal dalam proses pendaftarannya, pemerintah tidak memasang biaya apa pun, atau gratis.

Cara Daftar CPNS 2019

Untuk mengikuti  tes CPNS 2019 dan memenuhi prosedurnya, Anda bisa membuka websiter resmi pendaftarannya. Lebih lengkap sebagai berikut:
1. Buka website resmi pendaftaran CPN 2019 dengan alamat https://bkn.go.id atau langsung ke website pendaftaran di https://sscasn.bkn.go.id.
2. Lanjut melakukan register dan akun resmi dengan mengikuti langkah di bawah ini.
  • Masuk ke kolom menu SSCN. 
  • Lakukan registrasi dengan meng-klik kolom registrasi.
  • Isi data-data yang diminta seperti Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Isi data alamat email yang masih aktif beserta password dan pertanyaan sebagai konfirmasi keamanan akun.
  • Unggah atau upload pass foto formal terbaru pada kolom yang telah disediakan dengan ukuran foto sekitar 120kb sampai 200kb. Format yang disarankan ialah JPG/JPEG.
  • Setelah semua diisi dan diunduh, akan otomatis muncul kartu informasi akun. Silakan cetak.    
      3. Buka email yang telah didaftarkan, akan ada pesan masuk berupa konfirmasi pembuatan akun. Klik link yang tercantum di dalamnya untuk melakukan verifikasi.
      4. Kembali buka website pendaftaran. Log ini dengan mengisi kolom log ini, masukan NIK dan password yang sebelumnya sudah didaftarkan.
      5.  Setelah itu baru lengkapi data-data dan profil Anda sebagai peserta. Data dan kelengkapan profil terdiri dari:
  •  Unggah foto profil yang berupa foto Anda sedang memegang KTP asli dan cetakan kartu informasi akun. Foto ini wajib sebagai bukti bahwa Anda pemilik resmi akun tersebut dan telah melakukan registrasi dasar.
  •   Lanjut isi biodata diri secara lengkap.
  •   Jangan lupa isi pertanyaan tentang apa jabatan, posisi, dan instansi yang Anda pilih sebagai peserta calon PNS.
  •   Isi dan pilih sesuai dengan bagaimana Anda memenuhi persyaratan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat perbedaan syarat contohnya batas minimal pendidikan di setiap jabatan/posisi, dan instansi.
  •   Unggah berbagai dokumen penting yang diminta dalam bentuk scane sesuai dengan kebutuhan sebagai syarat yang diminta oleh instansi pilihan terkait.
  •   Anda bisa mengecek keseluruhan apakah sudah lengkap dan tidak ada yang salah di kolom formulir resume.
  •   Jika semuanya sudah lengkap dan memenuhi syarat, klik penyimpanan data.
  •   Akan otomatis muncul kartu pendaftaran yang juga bisa langsung Anda cetak.

      6. Proses pendaftaran dengan registrasi melalui website yang akan dicek oleh tim verifikator. Data-data yang telah Anda masukan dan dokumen yang Anda telah unggah akan dikirim ke pihak instansi pemerintah sebagai salah satu proses seleksi awal (seleksi administrasi).
      7.  Bila Anda dinyatakan lulus pada tahap seleksi administrasi tersebut, Anda akan mendapat kartu ujian resmi tes CPNS 2019 sebagai pegangan untuk bisa mengikuti tes.
      8. Silakan menunggu pengumuman tentang jadwal tes melalui website BKN.

Kesimpulan dan Tips

Untuk bahan tes ujiannya sendiri, semua tergantung pada jabatan/posisi dan instansi yang Anda pilih. Misalnya teh CPNS sebagai guru. Anda akan menjalani ujian dalam SKD (Seleksi Kompetisi Dasar) yang terdiri dari beberapa bagian materi ujian. Ujian akan diselenggarakan di tempat khusus dan diikuti oleh ratusan hingga ribuan peserta dari berbagai daerah.
Masing-masing tahap tes ujian ini juga dibagi sesuai dengan jabatan dan instansi berbeda-beda. Seperti ujian yang diselenggarakan di tempat dan waktu tersebut merupakan ujian SKD jabatan guru matematika tingkat MTS. Informasi lebih lengkap lagi seputar tes CPNS dan penyelenggaraannya, Anda bisa mengikuti media sosial milik BKN dan BUMN.

0 Response to "Syarat dan Cara Daftar CPNS Tahun 2019 Terbaru!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel