Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Terungkap! Inilah Tips dan Strategi Lulus Tes SNMPTN 2020

Jika berbicara mengenai tips dan strategi lulus tes SNMPTN 2020, tentunya Anda perlu mengetahui tiga jenis seleksi masuk PTN. Ketiga jenis seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu dengan SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi Mandiri. SNMPTN yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem undangan. Jadi, usaha yang bisa dilakukan hanya melakukan pengisian PDSS, verifikasi sampai pendaftaran, sedangkan seleksi hanya menunggu pemeringkatan dari panitia.

SNMPTN bermodalkan nilai raport semester awal hingga semester lima dan indeks sekolah masing-masing. Maka dari itu, anda perlu tips dan strategi lulus tes SNMPTN 2020 untuk menganalisa seberapa bagus nilai untuk bisa masuk ke jurusan yang diharapkan. Itu artinya jika Anda merasa sudah bersungguh-sungguh, maka peluang lulus SNMPTN akan terbuka lebar.

Beberapa Tips dan Strategi Lulus Tes SNMPTN 2020

Perlu diketahui bahwa persaingan di jalur SNMPTN sangat ketat. Untuk bisa lolos, Anda harus menyingkirkan ribuan pesaing lainnya. Berikut adalah beberapa tips lolos SNMPTN terbaru yang bisa dicoba:

Memahami Ketentuan SNMPTN 2020

Tips dan Strategi Lolos Tes SNMPTN 2020

Apabila Anda sudah memutuskan untuk masuk ke PTN melalui jalur SNMPTN. Maka Anda harus mencari tahu dan memahami ketentuan yang paling berpengaruh agar lulus di SNMPTN. Ketentuan pertama yang perlu diperhatikan adalah nilai rapot. 

Selain nilai rapot yang harus bagus dan stabil, menambahkan sertifikat atau piagam penghargaan juga bisa mempengaruhi hasil. Ketentuan selanjutnya ada pada pengaruh alumni, jadi pastikan alumni Anda belajar dengan baik di sana.

Bijaklah dalam Memilih Perguruan Tinggi Negeri dan Jurusannya

Sediakan waktu untuk membuka website universitas yang diinginkan. Lalu membaca mengenai jurusan dan melihat bidang studi atau mata kuliah apa saja yang akan dipelajari. Dengan ini, maka Anda akan semakin termotivasi demi berjuang masuk di universitas idaman. Memilih jurusan bukan hanya yang Anda kuasai atau sukai saja, namun lebih kepada kuota dan jumlah peminat dari jurusan tersebut.

Tips memilih perguruan tinggi SNMPTN adalah pastikan anda untuk memilih jurusan yang sedikit dipilih, terutama di sekolah Anda sendiri. Hal ini dikarenakan bisa memberikan peluang lebih besar untuk lulus. Selanjutnya, jangan sampai menumpuk pada satu atau beberapa jurusan saja. 


Menilai Kemampuan Diri Sendiri

Agar lulus tes snmptn sebaiknya juga menilai kemampuan diri sendiri, karena ini menyangkut masa depan Anda selama kuliah dan setelah kuliah. Misal selama sekolah (SD-SMP-SMA/SMK) kita siswa seperti apa? apakah berprestasi atau biasa saja dan apakah kita anak IPS atau anak IPA?

Seandainya Anda adalah siswa berprestasi setidaknya masuk 10 besar di kelas, mungkin Anda bebas memilih jurusan umum terbaik. Karena anda mampu bersaing sehingga cepat menyesaikan masa studi kuliah tepat waktu. 

Namun, jika dirasa kemampuan anda tidak menonjol, maka sebaiknya jangan memaksakan kehendak memilih jurusan favorite. Jangan ikut-ikutan teman memilih jurusan, tetapi sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki sob. Baca juga : Jurusan kuliah yang cocok untu anak IPS

Jangan Ragu Memilih PTN Sepi Peminat

Mulai saat ini, Anda diharuskan untuk rajin mencari data pendaftaran SNMPTN 2020. Biasanya di situs berita akan memuat beberapa jurusan atau PTN yang paling banyak dipilih dan sepi peminat. Dari data ini, Anda nantinya bisa menentukan pilihan akan memilih PTN dan jurusan yang peluang lolosnya besar.


Pilih Jurusan dengan Passing Grade Rendah

Passing Grade yaitu rata-rata standar dari setiap jurusan dan penentuannya bergantung pada jurusan dan PTN tertentu. Bisa jadi apabila Anda memilih jurusan kedokteran UGM akan sangat besar standar kelulusannya dari jurusan Kedokteran UNSR. Pastikan kamu memilih passing grade jurusan yang rendah untuk memudahkan lulus dalam SNMPTN 2020.



Pilih Jurusan Berdasarkan Nilai Paling Besar Pada Rapot

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengecek nilai paling besar pada rapot. Misalnya nilai tersebut adalah fisika, maka pilih jurusan yang berhubungan dengan fisika. Lalu jangan lupakan untuk melihat peminat dan passing grade yang sedikit.


Apa Piagam / Prestasimu ?

Kampus sebagai institusi akademik tentunya berkeinginan memiliki Mahasiswa yang berprestasi, untuk itu pihak kampus selalu menjaring calon mahasiswa dengan melihat piagamnya. Jangan lupa melampirkan piagam / prestasimu di dalam dan diluar sekolah. Karena dapat menjadi nilai tambah panitia kampus dalam seleksi SNMPTN.

Apalagi Anda hanya berasal dari sekolah biasa saja, maka wajib mencantumkan piagam yang anda miliki. Piagam tersebut menunjukan kalau Anda itu meski berasal dari sekolah yang biasa-biasa saja tapi punya prestasi yang luar biasa bahkan mengalahkan sekolah favorite. Jika Anda beruntung dari prestasi tersebut, pihak kampus dapat memberikan Anda beasiswa loh.

Itulah tips dan strategi lulus tes SNMPTN 2020 yang bisa Anda pahami dan resapi. Pikirkan cara lolos SNMPTN 2020 yang sudah dijelaskan di atas agar PTN idaman bisa digapai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Good luck!

Post a Comment for "Terungkap! Inilah Tips dan Strategi Lulus Tes SNMPTN 2020"