Iklan di bawah menu

28 Jawaban Tes Mental Ideologi Wawancara Seleksi TNI-Polisi

Jawaban Tes mental ideologi (MI)- Tidak banyak yang tau jika dalam seleksi tni/polisi terdapat materi mental ideologi (MI). Dimana dalam materi tersebut sesorang calon peserta akan menjalani serangkain persoalan baik tertulis maupun wawancara yang berkaitan dengan pemahaman, wawasan, latar belakang dan pemikiran-pemikiran terkait kesetiaannya terhadap NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

Jika Calon Siswa TNI AU, AD, AL dan POLRI dinyatakan secara mental ideologi bersih dan tidak terlibat lansung dengan organisasi terlarang, seperti PKI maupun paham radikal maka peserta akan lolos menjadi prajurit.

Tes wawancara ini setiap peserta akan diberi waktu bervariasi, ada yang cepat dan ada juga yang berjam-jam tergantung penguji masing-masing. Penguji ini dari ahlinya langsung yaitu inteldam.

Makanya, pertanyaan tes MI wawancara ini oleh sebagian peserta menjadi momok menakutkan, karena tidak sedikit peserta tes yang gugur/tidak bisa melanjutkaan ketahap rangkaian tes berikutnya.
Jawaban Tes Mental Ideologi Wawancara Seleksi TNI-Polisi
Kumpulan jawaban tes mental ideologi wawancara TNI-Polisi
Pada artikel sebelumnya, Saya telah membahas mengenai 28 Contoh soal wawancara tes mental ideologi. Pastikan, anda membaca soalnya terlebih dahulu dengan jelas. Kemudian, anda bisa mengetahui jawabannya. karena artikel ini berkaitan langsung (sesuai nomor) dengan soal pertanyaan MI tersebut. Tertarik ingin mengetahui jawabannya? Yuk, simak jawaban tes wawancara TNI dibawah ini


Jawaban Tes Mental Ideologi Wawancara Seleksi TNI/Polisi

Perlu kami sampaikan kepada calon taruna, bintara dan tamtama polisi polri, bahwa jawaban wawancara MI tidak harus sama persis. Gunakan pengetahuan dan kecerdasan Anda untuk berpikir lebih luas. Saya yakin Anda lebih pintar.

Dibawah ini, akan kami sampaikan jawaban tes wawancara saat seleksi masuk tentara nasional Indonesia dan kepolisian sesuai nomor urut soal sebelumnya :


  1. Ingin dinas di daerah Jawa Tengah, namun saya bersedia di tempatkan dimanapun wilayah NKRI.
  2. Saya bersedia, karena memang sudah seharusnya sebagai manusia membantu sesama gotong royong tanpa memandang suku, ras dan agama
  3. Berterima kasih dan menerima donor tersebut. Karena, seharusnya tidak boleh membeda-bedakan.
  4. PKI adalah partai komunis Indonesia yang ingin merubah ideologi pancasila menjadi ideologi komunis.
  5. Ada/Tidak ada (jawab saja)
  6. Sudah dua kali dengan ini
  7. Saya ingin mengabdi kepada NKRI dan saya sangat cinta TNI
  8. Korps infantri dan saya bersedia dikesatuan mana saja.
  9. Jika PKI mulai muncul kembali, maka sudah seharusnya untuk dapat memberantasnya, tidak ada sedikitpun ruang untuk PKI
  10. Tidak boleh, karena pancasila adalah dasar Negara Indonesia dan sudah final. Tidak boleh diganggu gugat. 
  11. Tidak boleh, karena di dalam UUD 1945 terdapat impian bangsa serta tuuan dan peraturan yang harus kita taati dan UUD 1945 merupakan hukum dasar tertulis yang dijadikan sebagai landasan dalam penyelenggaraan Negara.
  12. UUD 1945 hanya boleh di ubah pada bagian batang tubuh (pasalnya) disesuaikan kebutuhan Negara, melalui amandemen. Yang tidak bisa diganti adalah bagian pembukaan UUD dan pasal-pasal pancasila.
  13. UUD 1945 adalah disahkan oleh PPKI sebagai dasar Negara atau konstitusi Indonesia pada 18 agustus 1945, yang terdiri dari 3 bagian yaitu pembukaan, batang tubuh dan penutup
  14. Pancasila adalah dasar Negara indonesia terdiri dari 5 sila. (Jika disuru sebutkan sila apa saja silahkan hafalkan beserta logo setiap sila)
  15. Ya tetap dimakan, jika memang sudah sangat sulit menemukan bahan pakan dan tubuh mulai kelaparan dan membutuhkan makanan. Justru, manusia tidak boleh berdiam diri untuk mati.
  16. Pancasilasebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi bangsa Indonesia, jiwa bangsa Indonesia, kerpibadian bangsa Indonesia, ciri ciri dan tujuan bangsa Indonesia, Sumber dari segala sumber tertib hukum
17. · 1) Kepemimpinan yang mengedepankan keimanan, ketakwaan, terhadap Tuhan YME.
  • 2) Pemimpin dapat mengarahkan pembangunan yang selalu berazas persatuan, kesatuan, dan kebersamaan.
  • 3) Kepemimpinan dengan berkonsep moderenisasi tanpa melupakan budaya yang telah ada di suatu daerah.
  • 4) Adanya semangat mewujudkan nasionalisme, kekeluargaan serta gotong ryong dalam mencapai pembangunan
  • 5) Kepemimpinan yang mejunjung tinggi hakdan kewajiban asasi manusia
  • 6) Menggunakan musyawarah serta mufakat untuk setiap pengambilan keputusan.
  • 7) Kepemimpinan yang adil dan bersih
18. Karena tidak sesuai dengan nilai yang terkandung dalam pancasila. serta tidak mengenal adanya tuhan. Cara mencegahnya Harus diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahanya komunis.

19. Isi serta tujuan perundang-undang tidak boleh menyimpang dari jiwa pancasila. Bahwa pancasila ialah sumber dari segala hukum pada tap MPRS No. XX/MPRS/1966

20. - Alinea pertama
1. keteguhan bangsa Indonesai membela kemerdekaan dan melawan penjajah.
- Alinea kedua
2.  memuat cita cita negara Indonesia yaitu Meredeka, Bersaru, berdaulat, adil dan makmur.
- Alinea Ketiga
3.Adanya pengukuhan proklamasi
- Alinea keempat
4. Terkandung fungsi dan tujuan negara indonesia.

21. Saya tidak setuju dengan ideologi PKI. Karena ideologi komunis sangatlah bertentangan dengan dasar negara kita pancasila.

22. Motivasi saya, ingin mengabdi seluruh hidup untuk NKRI dan ingin menolong masyarakat. TNI lahir dari Rakyat.

23. Jika perintahnya tentang kepercayaan, maka tidak menjalankannya karena setiap negara bebas memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing.

24. Pergaulan bebas saat ini begitu memprihatinkan. Harus tegas dalam menyikapinya dan tetap berpegang teguh pada norma-norma

25. Belum pernah pacaran, karena Agama yang saya anut melarang untuk berpacaran.

26. Mengikuti syarat untuk dapat bergabung dalam TNI.

27. Saya sangat optimis memenuhi syarat menjadi anggota TNI

28. Bergabung bersama dengan tentara hebat lainnya dan membanggakan TNI di dalam dan luar Negeri. TNI Jaya!


Kesimpulan dan Tips tes MI wawancara

Jawaban Wawancara Tes Mental Ideologi TNI/POLRI

Itulah, 28 jawaban tes mental ideologi wawancara. Jika soal tertulis tes MI ternyata sama dengan pertanyaan, maka anda boleh menulis jawaban di atas. Sebetulnya masih banyak sekali pertanyaan dan jawaban tes mental ideologi, namun itu semua rahasia penguji. Hanya pengujilah yang mengetahui data-data pribadi kita.

Semoga menjadi referensi jawaban dalam penerimaan seksi taruna TNI-POLISI, Bintara mapun tamtama. Jawablah secara tegas tanpa berbelit-belit (ragu). Dan jawablah dengan jujur. Agar bisa lolos tes mental ideologi wawancara ini perbanyaklah membaca, melalui koran, buku PkN dan isu-isu terkini.

0 Response to "28 Jawaban Tes Mental Ideologi Wawancara Seleksi TNI-Polisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel