Iklan di bawah menu

7 Jenis Virus Komputer Berbahaya dan Cara Mengatasinya

Virus komputer merupakan program yang merugikan karena dapat menyerang sistem komputer, merusak sistem komputer, menghapus file penting hingga dapat mengambil informasi pribadi yang terdapat dalam komputer. Efek buruk inilah yang dapat mengganggu kinerja dari komputer.

Malware merupakan perangkat lunak jahat, yang didesain khusus sipemiliknya untuk mendapatkan akses atau membuat eror komputer tanpa sepengetahuan penggunanya. Pecegahannya cukup sederhana yaitu dengan cara menginstal software anti-virus komputer original dan berbayar, seperti Avira, AVG, Avast, Smadav, ESET NOD32, Kaspersky, Norton, McAfee dan lain-lain.
Jenis virus komputer dan cara mudah mengatasinya
Jenis virus komputer
Untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan, karena virus komputer sendiri tidak hanya satu jenis saja melainkan ada banyak. Maka perlu anda ketahui dan pahami tentang jenis-jenis virus komputer, agar saat anda menemukan virus di komputer anda dapat mengatasinya. Simak ulasan berikut.

Jenis Virus Komputer Dan Pencegahannya

Jangan salah, ternyata cukup banyak jenis virus yang terdapat pada komputer. Ini dia macam-macam virus komputer yang perlu anda ketahui:

1. Virus Worm

Jenis-jenis virus komputer berbahaya
Virus worm
Worm adalah program malware mandiri yang mengandalkan dirinya sendiri dari sistem ke sistem lainnya, tanpa menggunakan file perantara. Perbedaan inilah yang membedakan worm dengan virus lainnya. Pernyebaran worm memerlukan adanya perpindahan file atau informasi secara langsung oleh pengguna untuk memanfaatkan kelemahan pada sistem korban.

Selain itu virus jenis worm merupakan jenis virus komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri pada harddisk. Serta, mampu membuat file acak yang tak berguna yang dapat membuat memori harddisk penuh. Tentunya, hal ini sangatlah penting untuk diketahui oleh pengguna.

Meski tidak terlalu berbahaya, jika dibiarkan maka virus ini akan membuat penyimpanan harddisk anda penuh dengan cepat. Virus ini juga dapat menginfeksi komputer melalui email dan jaringan internet. Cara mengatasinya bisa menggunakan scanning antivirus.

2. Virus Trojan

Macam-macam virus komputer
Virus Trojan
Trojan yang di ambil dari nama kuda trojan, pada cerita yunani kune merupakan malware yang bertujuan menyisipkan program jahat. Dengan cara menumpang sofware yang terlihat aman untuk digunakan. 

Pembuat trojan bisa saja menyisipkan software jahat dari program yang dipasang pemiliknya. Progrm jahat tersebut bisa bertujuan untuk memberikan akses tambahan sehingga, malware lainya bisa masuk dengan mudah serta memungkinkan dapat mengendalikan sistem korbanya.

Virus ini biasanya muncul lewat jaringan internet dan email yang masuk, lewat media tersebut virus trojan dapat menginfeksi komputer. Anda harus berhati-hati saat mengakses jaringan internet maupun saat membuka email yang masuk, modusnya meminta tembusan dan memata-matai semua aktivitas korbanya. 

Bukan hanya mengambil data, virus ini juga dapat mengendalikan data yang ada di dalam komputer. Cara mengatasinya scan komputer/laptop menggunakan AVG Anti-virus Free Edition. 

3. Virus Multipartite

Komputer virus multipartite
Komputer virus multipartite
Virus jenis Multipartite merupakan jenis virus komputer yang dapat menyerang memori Random Access Memory (RAM). Selanjutnya,akan menginfeksi sistem operasi dan dapat merambah ke harddisk.

Biasanya menginfeksi sistem operasi dengan banyak efek seperti mengformat HDD secara otomatis hingga membuat beberapa perangkat lunak tidak dapat dibuka. Cara mengatasi virus ini adalah dengan melakukan proses Defrag Hard disk secara teratur menggunakan antivirus.

4. Virus Memory Resident

Jenis virus komputer dan pencegahannya

Hampir mirip dengan virus multipartite, virus jenis memory resident ini juga menyerang dan menginfeksi RAM pada komputer. Efek yang ditimbulkan pun cukup mengganggu pengguna, yaitu dapat memperlambat proses kinerja komputer maupun program komputer.

Sehingga hasil kinerja komputer yang digunakan pun kurang maksimal karena lambat atau lemot. Virus ini akan aktif secara otomatis saat sistem operasi komputer dinyalakan. Cara mengatasinya dengan melakukan scanning menggunakan antivirus.

5. Virus FAT

Jenis virus FAT komputer

Virus jenis FAT atau File Allocation Table ini merupakan jenis virus komputer yang mampu merusak file-file yang terdapat pada direktori tertentu. Kemampuan virus ini tentu sangat berbahaya karena dapat dengan mudahnya menyembunyikan berbagai file-file penting pada komputer.

File yang telah terinfeksi virus jenis ini seakan-akan file tersebut hilang atau telah terhapus, bisa jadi jika ada file dalam komputer anda hilang secara tiba-tiba dikarenakan oleh virus jenis FAT ini. Cara mengatasinya pun menggunakan program antivirus.

6. Virus Polymorphic

Jenis virus komputer dan pencegahannya
Jenis virus komputer dan pencegahannya
Virus komputer jenis Polymorphic ini merupakan jenis virus komputer yang menginfeksi enkripsi data yang polymorphic yang mempunyai kemampuan pintar sehingga sangat sulit untuk dideteksi dan dibersihkan, Karena virus jenis ini dapat membuat dirinya menjadi bersandi secara otomatis saat menginfeksi sistem.

Bahkan, virus ini mempunyai kemampuan untuk mengubah struktur dan memanipulasi antivirus agar tidak menggolongkannya menjadi sebuah virus. Cara mengatasinya jika tidak mampu dengan anti virus, maka hanya bisa meminta bantuan para programmer.

7. Boot Sector Virus


Jenis virus ini merupakan bagian terkecil dalam hard disk dan biasanya bersembunyi dalam floppy disk komputer, jadi bukan pada file. Cara mengatasi boot sector virus yaitu dengan membersihkan floppy disk menggunakan antivirus dan juga sekali-kali melakukan format ulang pada floppy disk.

Itulah beberapa jenis-jenis virus komputer yang dapat dijelaskan dalam artikel ini, semoga anda dapat mengetahui dan memahaminya ya, agar segera tau apabila komputer anda telah terinfeksi oleh virus. Coba cek apakah komputer anda terdeteksi salah satu virus di atas ? Jika ya, segera lakukan penanganan dengan membeli Anti-virus original agar efektif menjaring virus yang masuk.

0 Response to "7 Jenis Virus Komputer Berbahaya dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel