Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

4 Cara Tercepat Memperbaiki Flashdisk Rusak Yang Tidak Terbaca Di Laptop

Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang terdiri dari kumpulan flash memory. Flashdisk sangat diperlukan sebagai alat penyimpan data secara cepat dan fleksibel karena bisa dibawa kemana saja. Jangan gunakan flashdisk secara sembarangan. Karena, hanya akan membuat rusak flashdisk menjadi tidak terbaca. 

Ketika flashdisk yang tidak terbaca di laptop ada banyak hal yang menyebabkan masalah ini. Seperti bisa saja terinfeksi virus, colokan port USB yang kotor, flashdisk kena air, bukan produk original, dan drive usb belum terinstal dengan baik.

Cara cepat memperbaiki flashdisk rusak

Setelah banyak melakukan uji coba sendiri dirumah dengan flashdisk yang rusak. Mimin menemukan beberapa cara untuk memperbaiki masalah flashdisk rusak. Yuk langsung saja kita ulas.

Ini Dia Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak yang Tidak Terbaca

Apabila flashdisk sobat sudah mulai bikin kesal karena rusak. Tahan dulu jangan langsung dibuang. Anda perlu memulihkannya agar bisa digunakan lagi. Coba ikuti tips langkah dibawah ini:

1- Cek Port USB di Komputer atau Laptop

cara memperbaiki flashdisk rusak
Cara memperbaiki flashdisk rusak yang pertama ini sangat mudah, bisa sobat lakukan sendiri karena bisa jadi port USB di komputer atau laptop yang sudah jamuran, penuh debu alias kotor.
Untuk mengetahui port kotor coba colokkan flashdisk ke port USB yang ada di laptop lain, jika flashdisk tersebut ternyata masih terbaca berarti permasalahan ada di port USB komputer atau laptop sobat.
Nah, cara terbaik agar flashdisk dapat normal kembali segera bersihkan terlebih dahulu port USB laptop dengan kuas khusus secara pelan-pelan. Gunakan juga semprotan pembersih laptop dengan cara basahkan sedikit dikain halus lalu gosok ke USB flashdisk juga untuk menghilangkan jamur dan kotoran lainnya.

2- Lakukan Pengecekan Pada Flashdisk

Apabila setelah membersihkan port USB di laptop juga masih flashdisk tidak terbaca, selanjutnya cara memperbaiki mouse rusak tanpa format yaitu lakukan pengecekan kondisi flashdisk yang sedang digunakan. 
Pengecekan ini untuk melihat kondisi flashdisk masih bagus atau sudah terserang virus. Kasus ini sering terjadi pada flashdisk yang kita pakai, karena lupa mengaktifkan anti virus di laptop. 
Cara mengatasinya dengan memanfaatkan fitur scanning flashdisk di windows. Pemindaian ini ditujukan untuk melihat flashdisk yang bersarang di flashdisk. Biasanya viruslah yang menyebabkan kerusakan flashdisk. 
Untuk melakukan scanning ikuti langkah dibawah ini ya sobat:
  1. Colokkan flashdisk ke USB port, 
  2. Klik kanan pada flashdiskmu dan pilih salah satu anti virus yang sudah sobat instal.
  3. Lalu, tunggu sampai proses scan selesai. 
  4. Jika ternyata ada virus, lakukan penghapusan pada virus tersebut. Flasdisk sobat siap digunakan kembali dengan normal.

3- Reinstall (Instal Ulang) Driver USB dari Laptop/Komputer

tips memperbaiki flashdisk rusak


Tips memperbaiki flashdisk rusak yang satu ini bisa sobat coba. Karena, biasanya kejadian flashdisk tidak terbaca di laptop, driver usb tidak terinstal dengan baik atau sudah minta di update. 
Untuk melakukan instal ulang, kembali periksa driver usb tersebut, dengan mengikuti cara berikut ini :
  • Hubungkan flashdisk ke salah satu port USB
  • Buka menu start, lalu klik kanan pada 'computer'
  • Pilih 'Properties' dan akan muncul kolom baru dan pilih 'Devide Manager'
  • Setelah muncul jendela Device Manager. Periksa bagian “Universal Serial Bus Controller” (Lihat gambar diatas) apakah ada tanda seru warna kuning atau tidak. Apabila tidak ada, maka mouse wireless sudah terdeteksi. Tapi jika terdapat tanda seru peringatan berwarna kuning, artinya driver mouse wireless bermasalah
  • Anda bisa memperbaikinya dengan instal ulang driver USB pada laptop/komputer. Caranya, klik kanan di salah satu tanda warna kuning tersebut, lalu pilih uninstall, tunggu sampai selesai. Setelah itu, cabut kembali flashdisk dari laptop. Dan, colokan kembali. Secara otomatis akan terinstal kembali.
  • Biasanya setelah langkah ini dilakukan, flashdisk yang tadinya bermasalah sudah teratasi dan kembali bisa digunakan.

4- Format Flashdisk Kesayangmu

Tutorial Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Jika dengan cara-cara di atas masih saja flashdisk rusak parah, cara cepat dan pamungkas untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan format pada flashdisk kesayangan anda dengan merelakan seluruh datanya terhapus.
Ada dua cara format yang bisa dilakukan, yaitu dengan perintah cmd dilaptop atau melalui disk management
Berikut ini tutorial format data flashdisk rusak melalui CMD:
  • Masukan flashdisk ke port usb laptop
  • Tekan tombol windows + R secara bersamaan, tunggu sebentar lalu ketikkan "cmd dan klik ok" (lihat gambar dibawah)
agar flashdisk tidak rusak

  • Langkah selanjutnya, apabila telah muncul layar cmd berwarna hitam. Kemudian ketik FORMAT F: /FS:FAT jika lokasi flashdisk ada di drive F lalu enter. Tunggu sampai proses selesai.
cara format flashdisk rusak lewat cmd

Jika sobat kurang paham coba gunakan cara kedua ini. Cara format flashdisk lewat 
disk management. Ikuti langkah dibawah ini:
  • Langkah awal tentu masukkan flashdisk ke laptop
  • klik menu windows atau start menu (gambar windows pojok kiri bawah), ketikan "Disk" pilih dan klik "create and format" lihat gambar dibawah
cara format flashdisk rusak melalui disk management


  • Jika sudah muncul jendelanya seperti gambar dibawah, lihat bagian volume disitu ada tempat penyimpaan C, D, E. Setiap laptop berbeda. Jika flashdisk dicolokan, divolume akan bertambah media penyimpanan yakni F. Karena flashdisk saya ada di penyimpanan E, maka disini saya ingin mencontohkan menformat bagian tersebut.
tutorial format flashdisk di laptop

  • pilih salah satu lalu klik kanan dan pilih format untuk menghapus semua data yang ada di flashdisk dan merefreshnya, jangan lupa centang bagian perform a quick format. Jika sobat sudah yakin dengan keputusan untuk menghilangkan data, kemudian ok untuk mulai proses format. (Lihat gamar bawah)
cara memperbaiki flashdsik yang rusak


Maka selesailah sudah. Dua cara diatas ini sangat ampuh mengatasi masalah flashdisk rusak. Jadi, siap digunakan kembali.

Kesimpulan

Itulah, mengenai cara memperbaiki flashdisk rusak. Bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Tidak hanya pada satu jenis flashdisk saja tetapi semua merek fleshdisk. Terakhir saran dari kami, pastikan bahwa flashdisk yang Anda beli pertama kali adalah flashdisk asli dan bukan tiruan agar keawetannya bisa terjamin. Selamat mencoba sob!

Post a Comment for "4 Cara Tercepat Memperbaiki Flashdisk Rusak Yang Tidak Terbaca Di Laptop"