Iklan di bawah menu

Cara Jitu Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Tidak Terbaca

Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang terdiri dari kumpulan flash memory. Flashdisk memiliki port jenis USB yang terintegrasi dan biasanya USB 2.0 atau 3.0. Flashdisk sangat diperlukan sebagai alat penyimpan data secara cepat dan fleksibel karena bisa dibawa kemana saja.


Jangan gunakan flashdisk secara sembarangan karena bisa mempengaruhi kinerjanya. Anda juga perlu memerhatikan tempat ketika ingin menyimpan flashdisk karena bisa terjadinya kerusakan hingga flashdisk menjadi tidak terbaca.
Banyak hal yang menyebabkan flasdisk rusak dan tidak terbaca diantaranya bisa jadi karena terinfeksi terserang virus, colokan port USB yang kotor, flashdisk kena air, bisa jadi flashdisk bukan original, dan masalah lainnya dari hardware. Untuk itu, agar kerusakan tidak lebih parah simak cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi ini hingga selesai. Yuk langsung saja kita ulas.

Beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi

cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca

Apabila flashdisk sudah mulai tidak terbaca atau tidak terdeteksi, Anda perlu memulihkannya agar bisa digunakan lagi. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi:

Cek Port USB di Komputer atau Laptop

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang pertama ini bisa Anda lakukan karena bisa jadi port USB di komputer atau laptop yang bermasalah. Colokkan flashdisk ke port USB yang ada di laptop lain, jika flashdisk tersebut ternyata masih terbaca berarti permasalahan ada di port USB komputer atau laptop Anda.

Lakukan pengecekan pada flashdisk

Apabila port USB di laptop Anda tidak bermasalah, selanjutnya lakukan pengecekan kondisi flashdisk yang sedang digunakan. Pengecekan ini untuk melihat kondisi flashdisk masih bagus atau sudah rusak. Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan mencolokkannya ke port USB laptop yang masih berfungsi. Jika tidak terbaca di laptop mana saja, berarti flashdisk sudah rusak.
Anda juga bisa mengatasinya dengan memanfaatkan fitur scanning flashdisk di windows. Pemindaian ini ditujukan untuk memperbaiki flashdisk jika mengalami kerusakan. Biasanya viruslah yang menyebabkan kerusakan flashdisk. Untuk melakukan scanning, colokkan flashdisk ke USB port, klik kanan pada simbol windows dan pilih disk management, lalu pilih disk flashdisk, klik kanan -> properties -> tools -> check lalu pilih scan and repair drive.

Format flashdisk

Tutorial Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Jika dengan cara-cara di atas masih saja tidak terdeteksi, cara pamungkas adalah dengan melakukan format pada flashdisk. Ada dua cara format yang bisa dilakukan, yaitu dengan cmd dan melalui disk management. 

Berikut ini tutorial memperbaiki flashdisk menggunakan CMD yaitu colokkan flashdisk ke laptop, tekan tombol windows + R secara bersamaan lalu ketikkan cmd, jika sudah muncul cmd selanjutnya ketik FORMAT F: /FS:FAT jika lokasi flashdisk ada di drive F lalu enter.
Mengatasi flashdisk tidak terdeteksi dengan menformatnya melalui disk management sangat mudah. Langkah awal tentu masukkan flashdisk ke laptop, klik menu windows dan ketik msc untuk menampilkan jendela program compmgmt. Jika sudah muncul jendelanya, klik menu disk management dan pilih partisi flashdisk lalu klik kanan dan pilih format untuk menghapus semua data yang ada di flashdisk dan merefreshnya.

Nah, beberapa cara memperbaiki flashdisk toshiba yang tidak terdeteksi di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Tidak hanya pada flashdisk Toshiba saja, Anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk semua jenis flashdisk. Pastikan bahwa flashdisk yang Anda beli pertama kali adalah flashdisk asli dan bukan tiruan agar keawetannya bisa terjamin.

0 Response to "Cara Jitu Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Tidak Terbaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel