Iklan di bawah menu

5 Cara Merawat Ayam yang Baik dan Benar Agar Sehat

Terdapat berbagai macam jenis ayam yang dipelihara oleh banyak orang, mulai dari ayam petelur hingga ayam aduan. Ayam aduan merupakan jenis ayam petarung yang tangguh jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Anda perlu membedakan cara merawat ayam dari jenis-jenisnya. Merawat ayam petelur dengan ayam petarung tentu berbeda, walaupun pada dasarnya adalah sama.
Cara merawat ayam tentu yang utama perlu diperhatikan adalah tentang kebersihannya, baik kebersihan akan kandang maupun kebersihan ayamnya itu sendiri. Bagi Anda yang memerlukan bacaan mengenai cara merawat ayam jago, artikel ini akan membahasnya dengan lengkap.

Ini Dia Cara merawat ayam agar tetap sehat dan kuat!

cara merawat ayam yang baik agar tetap sehat dan jago

Pada dasarnya, setiap orang memliki cara merawat ayam tersendiri tergantung jenis ayam yang mereka miliki. Namun, artikel ini akan memberikan tips dan trik cara merawat ayam secara umum supaya tetap sehat dan kuat:

1. Pilih kandang yang cocok

tips merawat ayam petelur atau aduan

Apabila Anda memilih untuk memelihara ayam, tentu sudah mengetahui bahwa kandang harus disesuaikan dengan usia ayamnya. Siapkan kandang yang berbeda untuk anak ayam dan induknya dan untuk perawatannya sendiri juga berbeda. 

Jika Anda memelihara ayam yang baru mnetas, tempatkan di kandang yang dilengkapi lampu untuk menjaga suhu tetap hangat. Jika sudah umur 2 bulan, ayam bisa dipindahkan di kandangnya sendiri yang lebih besar.

2. Berilah makan dengan menyesuaikan jenisnya

merawat ayam bangkok dari kecil

Cara merawat ayam aduan dari kecil perlu diperhatikan mengenai pakan yang diberikan. Pakan ini diberikan sebagai sumber energi dan berpengaruh pada tingkah laku serta peforma ayam. Anda dapat menyesuaikan takaran pakan dengan berat badan dari si ayam. 

Jenis pakannya juga harus disesuaikan dengan usia dari ayam. Untuk tambahan, Anda bisa memberikan suplemen atau vitamin tambahan sejak ayam berusia 1 bulan.

3. Mandikan ayam dan bersihkan kandang dengan teratur

Agar kebersihan ayam terjaga, Anda perlu memandikannya secara teratur sehingga tetap bersih dan jauh dari penyakit. Tidak hanya memandikan ayam, Anda juga wajib membersihkan kandang supaya tidak ada sumber penyakit yang sebagai penyebab ayam jatuh sakit. 

Jika Anda bertanya kapan sebaiknya memandikan ayam? Maka jawabannya adalah di pagi hari pada pukul 8. Gunakan air bersih namun jangan air hangat dan jangan disabun agar bulu tidak rusak.

4. Jemur ayam

cara perawatan harian ayam kampung

Perawatan harian ayam aduan bisa dilakukan dengan cara menjemurnya setelah dimandikan. Ayam yang dijemur ini bertujuan untuk mengeringkan sisa sisa air di bulu serta badannya.

Caranya dengan memasukkan ayam ke kurungan bulat dengan bagian bawahnya sudah diberi alas kayu serta bebatuan supaya ayam tidak kotor lagi. Jemur ayam dari setelah dimandikan hingga 2 jam kemudian agar sinar matahari yang mengandung vitamin D bisa masuk ke ayam.

5. Perawatan harian dan latihan

cara ayam biar jago

Perawatan harian yang intensif juga diperlukan bagi ayam dari kecil hingga berusia 6 bulan dan seluruhnya dilakukan di kandang untuk mencegah kehilangan energi yang seharusnya untuk pertumbuhan. 

Latih juga ayam tersebut di usia 6 hingga 7 bulan karena mereka sudah melewati proses perumbuhan badan yang dimaksimalkan pada usia sebelumnya. Jika Anda memiliki jenis ayam aduan, latihlah mereka agar ayam siap diadu dan siap bertarung.
Sekian cara merawat ayam yang baik dan benar agar ayam tetap sehat serta kuat. Luangkan waktu Anda untuk merawat ayam yang menjadi hobi tersebut agar ayam dapat tetap sehat serta kuat. Apabila Anda memiliki ayam aduan, latih juga mereka supaya memiliki kemampuan untuk bertarung dengan kuat!

0 Response to "5 Cara Merawat Ayam yang Baik dan Benar Agar Sehat"

Post a comment

Iklan Atas Judul Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel