Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Terbaru! Tips Panduan Investasi Saham untuk Pemula Sampai Sukses

Panduan investasi saham untuk pemula

Investasi saham kini sedang populer sebagai ladang para investor untuk mencari penghasilan tambahan. Transaksi bisnis ini memang menggiurkan karena menawarkan keuntungan besar dengan cara mudah. Apakah Anda berminat melalukan hal yang sama?

Apa Saja Panduan Investasi Saham untuk Pemula?

Bagaimana proses investasi? Mungkin banyak orang ingin masuk pada bidang penanaman modal ini namun belum mengetahui jalannya. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, karena ada tips panduan mengenai cara membeli saham bagi pemula seperti berikut ini:

  1. Buka Rekening Efek atau Saham

Langkah pertama, Anda harus membuat rekening efek dahulu. Caranya bisa secara online dengan mengisi form pada situs perusahaan sekuiritas atau melalui broker saham. Pastikan untuk menyiapkan dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP, buku tabungan, KK serta materai.

  1. Masukkan Setoran Awal

Setelah mendaftar rekening saham nantinya Anda harus menyetorkan sejumlah dana. Jumlah nominalnya pun bervariasi, karena masing-masing perusahaan sekuiritas memiliki kebijakan berbeda. Namun rata-rata berkisar antara 5 hingga 10 juta, pilihlah sesuai ketersediaan budget.

  1. Pilih Metode Investasi

Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa pergerakan nilai saham itu dinamis, jadi bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, ketahuilah 2 jenis metode investasi, pertama trading atau kepemilikan dalam tempo singkat. Kedua, jangka lama dengan tujuan memperoleh deviden.

  1. Pelajari Serta Analisa Kondisi Perusahaan

Setelah Anda memilih metode investasi, langkah selanjutnya yakni mempelajari serta menganalisa kondisi perusahaan. Caranya dengan mencari informasi latar belakang dan track record dalam pengelolaan usaha. Pertimbangkan juga faktor-faktor eksternal yang berbengaruh.

  1. Unduh Aplikasi Saham

Setelah rekening sudah aktif, selanjutnya Anda bisa berselancar menggunakan berbagai fasilitas. Sebelum mengaksesnya, pastikan untuk download aplikasi saham online seperti santara milik boss man yang sudah terpercaya, memalui Google Play. Menggunakan software ini investor bisa memonitoring pergerakan saham dan bisa membeli saham baru.

  1. Beli Saham

Setelah melalui serangkaian tahapan, sekarang Anda sudah dapat mulai berinvestasi. Bagi Anda pemula tidak perlu bingung mengenai cara pembelian karena norminal harga akan muncul pada aplikasi. Biasanya batas minimal setiap transaksi adalah 100 lembar saham atau 1 lot.


Rekomendasi Jenis Investasi Saham untuk Pemula

Jenis pilihan saham terbaik bagi pemula

Berminat untuk mulai bergelut dalam bidang penanaman modal? Tapi masing bingung memilih perusahaan kredibel?. Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa rekomendasi pilihan saham bagi pemula yang memiliki track record bagus. Berikut ulasannya:

1. Unilever

Unilever merupakan perusahaan customer goods besar yang telah berhasil merambah pasar di kancah Internasional. Hampir semua produknya memiliki kekuatan brand yang luar biasa. Tidak heran dengan segudang prestasinya menarik minat para investor untuk invetasi saham.

Unilever menjadi rekomendasi bagi investor pemula untuk berinvestasi. ROE perusahaan ini mencapai 142% dengan kenaikan profit mencapai Rp 9 T pertahun. Pencapaian itu tentunya menggambarkan kemampuan manajemen memberikan keuntungan pada pemegang saham.

2. Telekom

Anda pasti sudah tahu, jika Telkom merupakan salah satu BUMN paling besar yang bergerak pada sektor telekomunikasi. Bicara soal keunggulan, perusahaan ini memiliki sokongan modal besar. Selain itu, produknya juga lengkap mulai dari Internet, Indihome, Pra dan Pasca bayar.

Di bursa efek banyak para investor yang bersaing untuk memiliki saham Telkom. Salah satu alasannya, perusahaan ini memiliki kinerja bagus. Buktinya, mampu menghasilkan profit margin lebih tinggi dari pesaingnya serta pembagian devidennya konsisten.

3. Bank BCA

Siapa yang tidak mengenal BCA, salah satu bank besar Indonesia. Berdasarkan laporan keuangan perusahaan memiliki nilai kapitasiliasi paling tinggi di bursa efek. Maka tidak heran, jika saham perusahaan ini menjadi incara para investor.

Bank ini memiliki track record bagus dalam memberikan profit pada para investornya. Bukan hanya itu, sistem pengelolaannya pun sangat efisien baik dari segi kualitas pinjaman serta profitability. Jika Anda ingin investasi cara membeli saham BCA cukup mudah (bisa secara online).

4. Bank BRI

BRI tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda mendengar kata itu. Bank yang populer dengan fokus usahanya pada bidang kredit mikro, kecil serta menengah di kancah pasar pinjaman Indonesia. Perusahaan ini juga memiliki koneski jaringan sangat luas dan kuat.

Perusahaan ini kini menduduki peringkat kedua dengan aset paling besar. Bukan hanya itu, BRI juga berhasil memukul mundur para pesainngnya pada sektor UMKM kurang dari 5 tahun. Maka tidak heran, jika banyak investor berlomba-lomba untuk berebut sahamnya

5. Indofood

PT. Indofood CBP merupakan salah satu produsen mie instan yang brandnya cukup populer. Perusahaan customer goods ini telah beroperasi selama 30 tahun dan berhasil menorehkan banyak prestasi. Berdasarkan penelitian prospek bisnis ini akan semakin bagus kedepannya.

Perusahaan besar milik Salim Group ini terus menunjukkan kinerja luar biasa. Hal itu bisa Anda lihat dari grafik penghasilan dan laba yang konsisten mengalami kenaikan setiap tahunnya, dengan ROE mencapai 21%. Maka tidak heran jika saham Indofood menarik bagi para investor.

6. Bank Mandiri

Bingung mencari perusahaan yang memiliki track record bagus untuk menanam modal?. Mandiri bisa menjadi pilihan tepat. Saham bank ini cukup populer di pasar bursa efek Indonesia sebagai bluechips, maklum jika menjadi rebutan para investor.

Perusahaan yang bergerak di sektor finansial ini berhasil menduduki peringkat pertama dengan kepemilikan aset paling banyak. Bukan hanya itu, sistem pengelolaan bank Mandiri sangat efesien. Buktinya pergerakan sahamnya terus mengalami kenaikan mencapai 1,59%.

Apakah Anda sudah berminat untuk investasi saham? Semoga tips dan panduan ini bisa menambah wawasan mengenai dunia bisnis. Utamanya panduan serta cara bertransaksi dalam penanaman modal.

Post a Comment for "Terbaru! Tips Panduan Investasi Saham untuk Pemula Sampai Sukses"