Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Cara Sukses Memulai Bisnis Aquascape, Omset Jutaan Perminggu


Di masa pandemi, orang-orang mulai memutar otak untuk mendapatkan pemasukan tambahan dengan berbagai cara dan inovasi. Bahkan, hal-hal yang tidak terpikirkan sebelumnya pun bermunculan. Salah satu contohnya ialah dengan memulai bisnis aquascape.

Bisnis aquascape memang bukanlah hal baru, namun trennya saja yang baru akhir-akhir ini populer sebab banyak orang mulai mencari hobi dan kesibukan baru. Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha untuk menambah penghasilan.

Cara Memulai Bisnis Aquascape Untuk Pemula

Aquascape merupakan sebuah usaha yang bergerak pada hal berhubungan dengan aquarium serta segala pernak-perniknya bahkan termasuk ikannya. Banyak orang mulai menggeluti bisnis ini sebab memberikan hasil menjanjikan. Berikut beberapa cara memulainya:

1. Mempersiapkan Media Tanam

Untuk memulai usaha aquascape, Anda perlu mempersiapkan media tanam sebagai tempat menanam tanaman air di aquarium. Biasanya berupa pasir dengan tingkat pH 6,5 atau campuran dengan tanah biasa.

Persiapan media tanam ini merupakan hal penting untuk keberlangsungan usaha Anda. Berpengaruh pada kecepatan pertumbuhan tanaman secara optimal sehingga bisa memberikan keuntungan berlebih karena sudah tumbuh subur dan tampak cantik.

2.  Mempersiapkan Berbagai Peralatan

Selain mempersiapkan media tanam, Anda juga perlu berbagai peralatan untuk mendukung usaha aquascape. Bisa berupa lampu, chiller, tabung oksigen, pupuk cair, dan masih banyak lagi. Lakukan pendaftaran barang-barang sehingga mengetahui apa saja yang dibutuhkan.

Pastikan peralatan tersebut juga memiliki kualitas terbaik sehingga dapat bertahan lebih lama dan tidak mengeluarkan biaya perawatan berlebih. Tak hanya itu, Anda bahkan juga bisa merambah ke jual belinya pula untuk menyediakan bagi para pecinta dunia aquascape ini.

3. Mempelajari Berbagai Desain Unik

Aquascape ini berhubungan dengan penataan tanaman dan hiasan lainnya dalam aquarium maka untuk memulai usaha ini maka pastikan Anda memiliki ilmu dan pengetahuan tentangnya. Carilah berbagai referensi desain menarik melalui internet sebagai bekalnya.

Tak hanya itu, manfaatkan internet untuk mencari ilmu dan informasi penunjangnya agar Anda bisa menjelaskan berbagai hal kepada calon pembeli bahkan meyakinkannya. Bila perlu buatlah catatan tersendiri agar tidak mudah lupa dan bisa dipelajari kembali.

4. Mempelajari Teknik Aquascape

Selain mempelajari desain, pastikan pula mengetahui ilmu mengenai dunia akuarium karena dapat mendukung usaha Anda yakni bisnis budidaya tanaman aquascape. Pelajari berbagai hal dari para ahlinya terutama mengenai tanaman dalam air serta perawatannya.

Apabila Anda memiliki cukup ilmu dan pengetahuan tentang berbagai teknik aquascape tentu akan meyakinkan pembeli untuk membeli segala kebutuhan aquariumnya pada Anda. Selain itu, dapat pula membuka jasa konsultasi penataan aquarium beserta penataannya pula.

5. Mencoba Menerapkan Ilmu

Ilmu yang sudah Anda ketahui mengenai aquascape dapat segera diaplikasikan dengan membuat satu atau beberapa jenis aquarium lengkap dengan hiasan dan ikannya. Hal ini dapat dijadikan sebagai contoh karya untuk menarik minat calon pembeli.

Jangan takut untuk mencoba karena Anda tidak akan tahu jika belum melakukan prakteknya. Selain itu, juga sebagai penerapan ilmu yang sudah dipelajari sehingga lebih meyakinkan dan bisa belajar hal baru terutama jika ternyata menemukan kendala.

Berapa kisaran Omset Usaha Aquascape?

Usaha aquascape ini merupakan seni mendesain aquarium dengan berbagai hiasan yang mana dibuat semirip dan sekreatif mungkin dengan keadaan aslinya. Tentu saja modalnya tidak main-main bahkan bisa mencapai ratusan juta untuk jenis profesionalnya.

Namun, untuk memulai bisnis aquascape, modal utamanya bisa mencapai puluhan hingga ratusan bergantung pada jenis toko yang diinginkan. Apabila ingin langsung menjual berbagai kebutuhan maka membutuhkan dana besar dan juga sebaliknya.

Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan sehingga tidak memberatkan. Namun, pastikan melakukan perputaran dengan cepat dan teliti agar bisa mendapatkan keuntungan besar. Tak hanya itu, lakukan marketing dengan baik pula sebagai salah satu kuncinya.

Tips Meraih Omset Tinggi dari Bisnis Aquascape

Untuk mendapatkan keuntungan lebih dalam bisnis aquascape ini, pastikan sudah mengetahui beberapa tipsnya. Hal tersebut tentu membantu Anda untuk menjadikan modal lebih efektif penggunaannya serta menghasilkan untung pula. Berikut informasinya:

1.     Pelajari Berbagai Ilmu Aquascape

Untuk mencapai omset  bisnis aquascape yang tinggi maka terangilah dengan ilmu yang memadai. Hal ini akan menjadikan Anda tidak hanya sekedar menjual tanaman hias aquarium saja namun juga mengenai cara merawat dan membudidayakannya.

Bahkan, ilmu desain aquarium pun harganya bisa lebih mahal daripada satu set yang sudah terangkai. Oleh sebab itu, perbarui ilmu dan perkaya pengetahuan tentang desain aquarium agar harga bisa naik dengan tujuan mendapat untung tinggi.

2.     Bekerja Sama dengan Distributor

Jika belum memiliki modal besar untuk menyediakan berbagai kebutuhan, maka bekerja sama dengan distributor untuk penyediaannya. Anda belum perlu melakukan stok, namun bisa mempromosikannya di toko, baik secara online maupun offline.

Jika secara online maka bisa dengan memasang gambarnya di media sosial maupun marketplace dan melakukan pembelian jika sudah ada yang membelinya. Sedangkan, untuk offline bisa dengan sistem pre order sehingga modal pun bisa terus berputar.

3.     Manfaatkan Sosial Media

Media sosial saat ini bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi sebab jangkauannya luas. Selain itu, digunakan pula untuk memberikan edukasi ke calon pembeli sehingga lebih berminat dan tertarik sebab tidak hanya berjualan saja namun bisa memberikan solusi pula.

Pengaruh sosial media bisa membuat Anda mendapatkan omset tinggi sebab cara menyebarnya cepat dan mudah mempengaruhi siapa saja yang menggunakannya. Maka dari itu, penggunaannya dengan benar akan membantu dalam mencapai untung besar.

Memulai bisnis aquascape memang tidak sesulit baynagan,sebab jika ditekuni bisa memberikan omset tak terkira sebelumnya hingga puluhan juta Rupiah. Jika Anda berminat memulai usaha ini pastikan tidak hanya sekedar ikut-ikut saja tapi serius menjalaninya.

1 comment for "Cara Sukses Memulai Bisnis Aquascape, Omset Jutaan Perminggu"

  1. Tips sukses memulai bisnis aquascapenya sangat menginspirasi

    ReplyDelete