Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Lagi Hamil? Bacalah, Bahan Pangan Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Makanan untuk kesehatan ibu hamil - Nutrisi adalah sebuah hal yang sangat penting apalagi untuk ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Apalagi, jika kehamilan ini merupakan kehamilan yang pertama pasti akan sangat diperhatikan dengan serius. 

Memperoleh nutrisi terbaik berasal dari jenis pangan yang dikonsumsi dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan kesehatan ibu hamil lainnya sampai dengan melahirkan. Dengan begitu, sang ibu akan tetap segar dan bugar selama masa kehamilan. Karena selama fase kehamilan itulah, ibu rentan sakit.
Bahan Pangan Untuk Kesehatan Ibu Hamil
Dan fase terpenting ketika seorang wanita sedang hamil adalah pada saat hamil muda umur kandungan 1-2 bulan, maka wajib membuat atau mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat. Karena fase tersebut merupakan waktu dimana setiap janin sedang mengalami pertumbuhan pembentukan setiap organ tubuhnya, sehingga anak yang dilahirkan cerdas.

Ketika nutrisi tidak terpenuhi dengan baik, maka akan mengakibatkan risiko yang berbahaya pada kandungan dan janin. Jadi, jangan sampai para wanita mengkonsumsi makanan yang yang tidak sehat atau pantangan secara sembarangan. Untuk lebih jelasnya, inilah jenis makanan untuk kesehatan ibu hamil. Simak ya.

Makanan Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Sebenarnya ada banyak jenis makanan yang bisa wanita pilih agar membuat pertumbuhan bayi dan janin agar tetap prima. Dan pastinya sangat mudah didapatkan. Pada intinya harus memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna.

1. Telur dari unggas

Telur merupakan bahan pangan Untuk Kesehatan Ibu Hamil
Bahan Pangan Untuk Kesehatan Ibu Hamil
Bahan makanan satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi akan nutrisi terbaik di dalamnya. Telur adalah salah satu bahan yang paling direkomendasi untuk meningkatkan kesehatan sang ibu dan janin yang sedang berkembang. Kandungan kolin merupakan nutrisi yang sangat baik dan penting dalam membantu kesehatan otak dan perkembangan pada janin bayi.

2. Sayur-sayuran

Jenis Sayur-sayuran untuk ibu hamil

Bagi wanita yang senang mengkonsumsi sayuran, jenis seperti wortel, tomat, jagung, dan terong adalah beberapa contoh jenis makanan sayuran untuk ibu hamil. Ada juga seperti kangkung, brokoli, dan bayam merupakan sumber nutrisi yang sangat baik agar membantu meningkatkan kesehatan ibu dan janin. Cara mengolah pada sayur ini bisa dengan di sayur kuah atau sup. hindari pemakaian lemak secara berlebihan

3. Susu

Jenis Susu yang baik untuk ibu hamil

Pastinya siapa saja sudah mengerti kebaikan dari susu apalagi jika olahan dari susu murni. Terutama bagi para ibu yang masih dalam keadaan hamil muda pasti sangat membutuhkan susu yang sangat baik ini. Olahan susu seperti yogurt dan keju pun tidak luput dari jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya untuk sang ibu dan kesehatan janin.

4. Gandum

Salah satu bahan pengganti nasi yang baik adalah dengan mengonsumsi gandum. Gandum merupakan bahan makanan yang memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko diabetes  dan penyakit lainnya pada ibu pada masa kehamilan. Ini juga bisa anda jadikan cemilan yang sehat dan rendah lemak jenuh agar membuat kondisi anda sebagai ibu muda tetap sehat dan fit.

5. Ikan salmon

Ikan merupakan makanan yang sehat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Makanan ibu hamil muda agar anak cerdas adalah Ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna dan jenis ikan laut lainnya, karena ikan kaya protein dan rendah lemak.Setiap 100gr ikan mengandung banyak protein, vitamin, mineral dan asam lemak omega-3 pada ikan berperan dalam perkembangan sel otak dan saraf pada janin.

Oleh sebab itu ikan selalu menjadi rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil  2 bulan. Jikapun tidak mampu membeli ikan tuna dan ikan salmon. Tidak perlu cemas semua jenis ikan memiliki kandungan protein yang berkualitas. Misal ikan kembung memiliki protein lebih tinggi daripada ikan salmon. Baca juga : Jenis Ikan yang mengandung Protein Tinggi


6. Buah-buahan

Buah-buahan untuk ibu hamil


Menu makanan ibu hamil lainnya adalah buah-buahan. Buah memiliki kandungan komplit nutrisi yang sehat untuk janin seperti vitamin C, Vitamin A, Vitamin D, serat, kalium dan zinc. Kandungan folat pada buah berguna mencegah janin dari kecacatan otak dan saraf tulang belakangnya.

Jenis buah untuk ibu hamil yang direkomendasikan oleh para dokter seperti : 

  • Mangga, 
  • Pisang,
  • Bluberry, 
  • Alpukat,
  • Kurma, 
  • Buah naga
  • apel
  • Jeruk
  • Nanas
  • Semangka

Kesimpulan

Demikianlah bunda, informasi jenis makanan untuk kesehatan ibu hamil. Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil harus memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Hal terpenting adalah mengkonsumsi secara rutin termaksud buah-buahan. Dan tetap mengikuti saran dokter agar kesehatan ibu hamil tetap bisa di pantau. Selain sang ibu sehat, janin yang ada di dalamnya pun bisa berkembang dengan baik dan tidak terjadi hal yang berbahaya untuk bayi.

Post a Comment for "Lagi Hamil? Bacalah, Bahan Pangan Untuk Kesehatan Ibu Hamil"