Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan di bawah menu

Cara Editing Video Youtube Menghasilkan Video yang Berkualitas

Cara Editing Video Youtube - Setelah maksimal merekam video lalu bagaimana mengubahnya menjadi video yang berkualitas sebelum upload di youtube, semua dilakukan di proses editing.

Menjadi seorang youtuber tentu wajib mampu menghasilkan konten video yang menarik, berkualitas dan disukai oleh subscriber. Video kita akan semakin banyak viewers nya apabila kita mengetahui tahap demi tahap cara edit dan mengeditnya dengan baik. 

Sebenarnya telah banyak cara edit video youtube yang bagus yang dapat kita pakai untuk mengedit video. Banyak software gratis edit video, dengan memanfaatkan software tersebut kita bisa menghasilkan video yang berkualitas.

Buat youtuber pemula pahami dulu proses editing itu, jangan membuat konten video yang nilai kualitasnya rendah, algoritma youtube mengharuskan membuat video yang bagus sehingga bisa diiklankan karena tidak semua video youtube dapat menampilkan iklan.


12 tahap edit video yang menghasilkan video youtube berkualitas

Salah satu kunci sukses editing adalah ketersediaan konten video yang cukup banyak, jadi gini editing telah dipersiapkan secara matang sejak anda merekam gambar, dengan menyediakan berbagai pilihan akan menjadi lebih mudah saat memilih gambar yang terbaik, berikut 12 langkah editing video
12 tahap edit video yang menghasilkan video youtube berkualitas
12 tahap edit video yang menghasilkan video youtube berkualitas (Gambar by pixabay)


1. Ambil Gambar berulang kali

Pertimbangkan merekam gambar secara berulang-ulang kalau perlu coba dari berbagai sudut sampai hasil gambar terbaik, supaya nanti punya opsi yang dipilih saat mau di edit.


2.  Back up video

Nah ini sangat penting, jangan menunda memindahkan file ke laptop atau external hardisk yang aman. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan yaitu kerusakan memori atau tanpa sengaja file terhapus, jika sudah begitu anda mulai proses rekam gambar dari awal lagi.


3. Tempat editing 

Terlihat sepele tapi ini juga penting gaes, carilah tempat sunyi atau buatlah studio mini agar anda bisa lebih fokus. gaes saat proses editing itu mood kita harus bagus dan tidak ada gangguan loh supaya Idea dan kreatifitas muncul saat kita ngedit, jangan sampai ide tersebut hilang karena terganggu hal lain.


4. Kelola file dengan baik

Jadi gini buatlah sebuah file dengan nama judul video yang ingin anda buat, nah dalam file tersebut tempatkan hasil rekam video tadi, buat serapi mungkin biar gak lupa. cara ini berguna untuk menghemat waktu saat proses mengedit.


5. Tonton Ulang hasil rekamanmu

Luangkan waktumu untuk menonton ulang setiap hasil rekaman gambar, agar membantumu mengingat setiap rekaman buatlah catatan yang harus di kurangi atau di tambah dalam sebuah file tadi kecuali anda sudah memiliki asisten yang profesional.


6. Pilih file rekaman

Saatnya mulai pengeditan, dengan memilih file rekaman terbaik dan menandainya misal minggunakan nomor atau waktu rekaman, buat folder baru lalu susun secara berurutan. ini memudahkan saat meng import file kedalam software editing. 


7. Proses Cutting

Setelah memasukan video kedalam project, mulailah memotong video yang tidak di perlukan, bisa memulai dari bagian opening dulu sama akhir cerita, bebas sekreatifnya anda. Setelah cutting jangan lupa hilangkan jeda yang membosankan sedetikpun sangat berpengaruh, jadi biar alur videonya berjalan cepat saat di tonton. anda bisa menggunakan teknik jam cutting atau teknik transisi untuk menambah variasi, ini biasanya di gunakan untuk melompati gambar.


8. Menonton ulang setelah di cutting

Sempatkan waktumu 30 menit untuk menonton ulang beberapa kali guna memastikan jika masih ada yang belom pas misal urutan ceritanya, audionya, tambahan effect bisa anda kurangi atau di buang sekalian, semakin sering anda nonton ulang semakin anda tau mana yang perlu di edit ulang.


9. Berikan sentuhan lebih pada video

Hal ini dilakukan agar videomu berbeda dengan orang lain, dan penonton terus menyimak sampai akhir cerita, dengan memberikan penambahan elemen misal dimulai dari cara membuat tampilan thumbnails yang keren, sentuhan effect senang, lucu atau tulisan setiap minimal 15 detik dan upayakan setiap sentuhan penambahan masih informatif.


10. Pengaturan audio (suara)

Coba bayangin deh kamu lagi mencari sebuah infromasi di youtube, ternyata setelah menenton audionya tidak jelas, bahkan penyampaian isi video sama sekali tidak di mengerti suara terlalu kecil, berisik dan putus-putus, kesal kan pasti? . sekeren-kerennya videomu akan dibenci oleh penonton jika suaranya tidak bagus, dan bisa menjelekan reputasimu sebagai youtuber. Jadi rekam suaramu dengan baik. Musik yang bebas plagiat ada di koleksi audio youtube bisa anda pakai sebagai nuansa lebih.


11. Mixing suara 

Pastikan suaramu terdengar jelas, cara mixing suaranya gini, kencangin musik saat anda tidak lagi berbicara dan pelankan suara musik saat anda berbicara.


12. Koreksi warna

Langkah terakhir ialah koreksi warna, anda harus punya ciri khas disetiap video yang anda buat, tampilkan sesuatu yang beda dengan video lain. 


Aplikasi edit video di PC dan Hp Android

Aplikasi editing video di PC dan Android
Aplikasi editing video di PC dan Android (gambar by pixabay)

4 Aplikasi edit video untuk youtube gratis yang sering di gunakan oleh youtuber pemula, sesuaikan dengan pengetahuanmu dan kebutuhan perangkan laptop atau PC, download dan pelajari tutorial editing video di youtube banyak kok yang belajar autodidak seperti saya.


4 Aplikasi untuk edit video lewat hp android juga ada yang gratis, yang bikin vlogmu menjadi lebih keren dan berkualitas, semua bisa anda download aplikasi editing video ini di Play Store.
  • firmoraGO
  • Quick
  • KineMaster
  • VivaVideo
Pilih yang terbaik menurutmu, bisa mencontoh video lain sebagai reverensi saja. Sebelum anda export dan mengunggah video di chanel youtubemu alangkah baik nontonlah sekali lagi sampai benar-benar yakin kualitas videomu sudah baik atau belom. 

Saat export video jangan milih kompresi dan resolusi file yang terlalu kecil karena youtube itu sangat suka dan menghargai karya yang resolusinya besar alias Full HD. seteleh selesai tinggal di unggah di youtube, jika video yang anda upload memuaskan maka untuk cepat mendapatkan 1000 subscriber di youtube akan mudah. Sabar dan tekun kunci sukses kualitas video menjadi baik.

Post a Comment for "Cara Editing Video Youtube Menghasilkan Video yang Berkualitas"